KOPI KOPYOK TRADISIONAL RASA SUPER, COCOK UNTUK BEGADANG



Berdiskusi atau ngobrol sambil minum kopi terasa sangat mengasyikkan. Apalagi, kopi yang di sajikan adalah kopi kopyok tradisional rasa super yang sanagat cocok untuk menyegarkan tubuh setelah bekerja. Seperti kopi yang di jual di sebuah warung kopi di Gresik jawa timur yang tak pernah sepi pembeli.

Budaya ngopi atau ngobrol sambil minum kopi di warung adalah budaya masyarakat Gresik yang sudah berlangsung ratusan tahun. Orang yang kecanduan minum kopi bisa ngopi lebih dari lima kali dalam sehari. Masyarakat Gresik, menyebut kebiasa-an ini dengan istilah cangkruan. Kebiasaan ngopi ini membuka peluang bagi usaha warung kopi. Di sepanjang jalan-jalan utama kota Gresik, warung-warung kopi tumbuh menjamur.

Dalam upaya mempertahankan gairah pelanggan untuk mendatangi warung kopi, terdapat jenis kopi yang di pertahankan puluhan tahun lamanya bernama kopi kopyok. Disebut demikian karena kopi di kopyok dengan lesung tradisional dan biji kasarnya disajikan dalam sebuah cangkir atau gelas. Uniknya, saat di sajikan, ampas kopi yang kasar bisa naik ke permukaan gelas dan menutupi air kopinya.

Di kota Gresik, kopi kopyok bisa dijumpai beberapa tempat, salah satunya adalah warung Pak Jasmin di Sidomoro Kecamatan kota Gresik. Cukup dengan harga 2.500 rupiah per cangkir, para pelanggan, sudah bisa terbuai dengan kopi khas Gresik ini.

Untuk memberikan kepuasan pada pelanggan, kopi disajikan bersama sebuah wadah yang berfungi sebagai tempat membuang ampas kopi kasar. Selanjutnya, wedang kopi bisa di nikmati.

Menurut para penikmatnya, kopi kopyok terasa lebih mantap, jika di minum setelah selesai bekerja karena bisa membuat badan terasa segar kembali. “Rasa kopinya sangat terasa keras dan membuat tubuh saya kembali segar”. Ujar Muhlas, pelanggan kopi kopyok.

Agar menghasil kualitas kopi kopyok terbaik, mula-mula kopi goreng , lalu di tumbuk atau dio kopyok dengan alat tradisional berupa lesung yang terbuat dari kayu. Bubuk kopi yang kasar dan halus, selanjutnya di pisah. Pasalnya, rasa kopi kopyok yang enak berasal dari bubuk kopi yang kasar.

Menurut pemilik warung, usaha penjualan kopi kopyok telah berlangsung 10 tahun lamanya dan melayani penjualan bubuk kopi serta kopi siap saji. Karena rasa khasnya berupa rasa kopi kental, kopi kopyok semakin di suka pelanggan.

Hingga saat ini, warung kopi kopyok, masih menjadi warung kopi favorit dan telah di kenal sebagai salah satu ikon kota Gresik.

2 comments:

  1. Dear jeragan warkop..

    saya pengin kopi kopyok untuk prepare warung kami... sya bisa menghubungi siapa ?

    atau silahkan hubungi saya FAIQ-0817303222 / 031 70804182

    ReplyDelete