PENYEMBUHAN AUTIS DENGAN TERAPI AYUNAN



Ayunan ternyata bisa dimanfaatkan untuk terapi pengobatan bagi penderita autis. Dengan ayunan, anak akan menjadi lebih rileks sehingga mudah menerima rangsangan. Terapi ayunan ini sangat mungkin untuk diterapkan di rumah.Dengan ayunan, anak akan menjadi lebih rileks sehingga mudah menerima rangsangan. Terapi ayunan ini sangat mungkin untuk diterapkan di rumah.

Di taman kanak kanak Grow In Hope, Bandar Lampung misalnya, ayunan di manfaatkan sebagai alat terapi bagi anak-anak yang menderita autis. Terapi ayunan mulai dikembangkan di taman kanak-kanak Grow In Hope sejak dua tahun lalu. Awalnya, taman kanak-kanak yang terletak di perumahan villa citra, tanjungkarang timur, bandar lampung ini hanya memberikan terapi kepada muridnya yang mengalami autis. Namun kini anak-anak dengan kebutuhan khusus lainnya, seperti hiperaktif pun mulai diterapi disini.

Dengan bimbingan terapis, sang bocah menjalani terapi ayunan. Gerakan monoton dari permainan anak-anak membuat sang bocah menjadi lebih rileks. Dalam kondisi rileks itulah terapis memberikan materi-materi pengajaran kepadanya.

Bagi terapis sendiri, menerapkan terapi ini kepada muridnya bukan hal yang mudah. Tidak jarang, anak-anak dengan kebutuhan khusus ini menolak diajak bermain ayunan.

Selain itu, orang tua pun dapat menerapkan terapi ayunan ini di rumah. Sehingga penyembuhan bagi anak penderita autis menjadi lebih cepat. (86)

0 comments:

Post a Comment