PERMATA BATU SUNGAI, SEBUAH KREATIFITAS DARI JEMBRANA



Batu sungai, bagi sebagian orang mungkin tidak berarti, namun jika di manfaatkan dapat menghasilkan, dan bisa menjadi perhiasan batu per mata yang elok, dan terlihat cantik.

Batu sungai, melihat bentuknya tidaklah menarik, namun saat di olah menjadi sebuah permata, akan terlihat sangat indah, dan mengesankan.

batu yang tadinya terlihat lusuh dan tidak berbentuk. Namun di tangan Ni Made Sudiariani, warga Dusun Banjar Wali Desa The Embang Kecamatan Mendoyo, Jembrana, menjadi berharga dan mampu menghasilkan Ratusan Ribu Rupiah per hari.

Proses pembuatan batu sungai menjadi permata, melalui berbagai proses. Mula-mula batu di bentuk menggunakan gerinda yang selanjutnya di haluskan dengan alat yang sama, hingga mengkilat. Proses akhir di haluskan dengan menggunakan serbuk intan hingga menghasilnya batu sungai yang terlihat berkilauan.

Menurut Ni Made Sudiariani, usaha permata berbahan baku batu sungai ini di geluti sejak enam bulan lalu.

Meski hanya di jual di pasaran lokal, namun dari hasil usahanya itu, mampu mendapat penghasilan antara 100 ribu rupiah, hingga 300 Ribu Rupiah per hari. “ Lumayan mas untuk mengurangi beban rumah tangga”, ujarnya.

0 comments:

Post a Comment