TURUNKAN KOLESTEROL DARAH DENGAN MENIKMATI NASI PELANGI



Nasi putih, merah ataupun hitam, mungkin telah umum anda jumpai. Namun, pernah anda mencicipi nasi berwarna lainnya, seperti orange, hijau dan cokelat? Warna nasi tersebut, bukanlah berasal dari bahan kimia berbahaya, melainkan menggunakan bahan dari rempah-rempah, yang diolah sedimikian rupa.

Nasi adalah makanan pokok bagian masyarakat di Indonesia. Namun, jika anda ingin menikmati varian nasi yang berbeda atau ingin menurunkan kolesterol darah sambil menikamati makan banyak, warung makan di jalan Gelap Nyawang, Bandung Jawa Barat, patut dicoba.

Selain nasi putih, warung tersebut menawarkan berbagai menu varian nasi yang dikenal dengan menu, nasi pelangi. Istilah tersebut, mungkin tak berlebihan, karena nasi yang ditawarkan, memanglah nasi berwarna yang telah diolah sedimikian rupa, seperti, nasi orange, nasi hijau, nasi cokelat, maupun nasi merah.

Keunikan dari menu ini menjadikan setiap pengunjung yang melintasi warung tersebut, penasaran. Selain warnanya, nasi pelangi ini memiliki rasa khas yang berbeda di banding nasi pada umumnya.

Untuk membuat nasi–nasi berwarna ini, mula-mula, menyiapkan bawang merah, bawang putih, sebagai bahan dasar yang telah diolah, kemudian dimasak, hingga matang, bersama daging cincang. Setelah diberi garam dan penyedap secukupnya, barulah nasi tersebut diberi warna dengan menggunakan pewarna dari bahan dasar tumbuhan.

Untuk nasi orange, menggunakan wortel yang telah ditumbuk hingga halus. Sementara untuk nasi hijau, bahan dasarnya menggunakan bayam. Nah, kalo untuk nasi cokelat, anda hanya membutuhkan kecap, sebagai pewarnannya.

Setelah matang, bumbu berwarna tersebut, kemudian diaduk hingga rata. Nasi pelangi pun, siap dihidangkan dengan tambahan telor goreng, serta mentimun sebagai varian lauknya.

Untuk menikmati satu porsi nasi pelangi, anda hanya perlu merogoh kocek, tujuh ribu rupiah. Selain murah, menu yang satu ini, tentunya menyehatkan, karena berbahan dasar, tumbuh–tumbuhan, dan bukan zat kimia berbahaya. “ Harganya memang murah, agar terjangkau kalangan menengah ke bawah”. Ujar Yanto penjual nasi pelangi.

Karena variasi warnanya dari bahan rempah-rempah, maka sebagian pelanggan mempercayai nasi pelangi dapat mempercantik kulit dan menyembuhkan penyakit kanker, hipertensi dan menurunkan kolesterol darah khususnya yang berwarna orange karena terbuat dari wortel.

1 comment:

  1. jd pengen nyobain resepnya dong...

    ReplyDelete