BATIK DAUN MANGGA MERAMBAH PASAR ASEAN



Daun mangga ternyata dapat diolah sebagai bahan pewarna untuk batik. Dengan pewarna organik tersebut, kain batik pun dijamin lebih indah alami dan tahan lama. Seperti yang di lakukan Sri Kholifah di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur yang sukses mengembangkan batik berbahan dasar warna batik organik dari sari daun mangga. Hanya dalam kurun waktu tiga tahun, Kholifah kian sukses mengembangkan usaha batik organiknya karena disukai konsumen.

Pembuatan batik organik ini tidak jauh berbeda dengan batik-batik pada umumnya. Yakni, lembaran kain terlebih dahulu didesain dengan berbagai motif atau pola batik sedemikian rupa. Dan sentuhan goresan warna dan canting batik pun digulirkan di permukaan kain, mengikuti desain yang telah dibuat.

Selanjutnya setelah dibersihkan, lembaran kain dipanaskan dengan tawas, agar serat kain lebih terbuka. Menunggu lembaran kain kering, setumpuk daun mangga yang telah dipersiapkan, kemudian dimasak hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Lalu saring dan dinginkan pada sebuah wadah.

Proses terakhir adalah mencelup seluruh bahan kain yang telah dibatik pada sebuah wadah yang berisi sari daun mangga. Setelah itu, jemur kain celupan daun mangga hingga kering. Proses pewarnaan organik masih berlanjut dengan proses fiksasi, sehingga diperoleh berbagai vaiasi warna kain batik yang menarik.

Selain mudah didapat, daun mangga dipilih karena getah dan klorofil dalam daun mangga dapat menggantikan warna sintetis sehingga lebih indah alami dan mengawetkan kain kain batik. Alasan utama dipilihnya batik organik ini karena ramah lingkungan dan lebih aman dikenakan di tubuh. “Cita rasanya sangat berbeda di banding batik berbahan pewarna kimia”, ujar Sri Kholifah.

Produk batik buatan Kholifah saat ini telah merambah pasar luar negeri khususnya pasar Asean. Berbagai jenis batik diproduksi diantaranya Batik Welirang Gondo Mukti, Pasedahan Untung Surapati, Sekar Jagad, Ciptaning Kusuma Wijaya dan Sedap Malam.

Harga pun bervariasi, mulai 200 Ribu hingga Tiga Juta Rupiah per potong, tergantung model serta tingkat kesulitan membuatnya serta kualitas bahan kain batik yang digunakan.

1 comment:

  1. terima kasih infonya. saya sangat tertarik dengan batik daun mangga ini.

    ReplyDelete