KALABENDU, MINUMAN SEGAR PERPADUAN BUAH KELAPA DAN DURIAN



Memasuki kawasan jalan utama Kopo Katapang, Bandung, anda akan menemui kios buah-buahan yang menjajakan beragam menu unik, salah satunya adalah Kalabendu, alias Kalapa beleum nganggo kadu, atau dalam bahasa Indonesia Kelapa Bakar Pake Durian.

Perpaduan buah kelapa dengan rempah-rempah dan durian segar ini menjadi menu buruan baru bagi warga kota Bandung. Cara penyajiannya pun terbilang cukup unik, pertama-tama, kelapa muda dimasukan ke dalam sebuah tong kosong yang sudah dipersiapkan, kemudian dibakar di atas arang, selama 4 jam, hingga kulit kelapa berubah warna menjadi cokelat. Itu tandanya kelapa tersebut sudah matang.

Ujung kelapa kemudian dibelah namun tidak seluruhnya, cukup hingga berbentuk sebuah lingkaran kecil, setelah itu masukan rempah-rempah racikan yang berisi gula aren, pala, cengkeh, dan lada panjang, kemudian siapkan daging durian segar lalu masukan ke dalam kelapa hingga menyatu dengan air kelapa tersebut, lalu taburi dengan susu kental manis. Kalabendu pun siap disantap.

Selain rasanya yang unik, Kalabendu juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit seperti analgetik atau pegal dan linu, imunitas, menjaga ketahanan tubuh, serta dipercaya dapat membangkitkan gairah bagi pasangan suami istri, menu Kalabendu sendiri di dapat oleh Tutang Asoy (pemilik kedai) dari hasil racikan pribadi karena kegemaraanya mengkonsumsi buah kelapa dan durian. “Menu ini hasil kreatifitas kami”, ujarnya.

Para pembeli yang bertandang ke tempat ini, rata-rata penasaran dengan citarasa yang disuguhkan menu perpaduan antara buah kelapa dan durian yang satu ini, setelah dicoba, hmm, merekapun akhinya ketagihan. Untuk mendapatkan satu porsi Kalabendu, anda cukup merogoh kocek 15.000 rupiah saja. Murah bukan?

2 comments: