KOPI BAKAR, CARA LAIN MENYEGARKAN OTAK



Kopi adalah jenis minuman yang sangat digemari banyak orang baik muda maupun tua. Selain bisa membuat mata melek, kopi ternyata juga memiliki manfaat lain, diantaranya bisa menstimulasi otak dan saraf untuk menambah daya ingat, mengobati migrain, sakit kepala, gangguan jantung, asma kronis dan gangguan buang air. Meski demikian, kafein dalam kopi sering dikaitkan dengan penyakit maag.

Menambah variasi sajian kopi di tengah kontroversi manfaatnya, sebuah kedai kopi milik Hendro Raharjo Di Jalan MH Thamrin kota Semarang, Jawa Tengah, menyajikan minuman kopi yang unik, yaitu kopi bakar. Dinamakan kopi bakar karena proses penyajiannya, melalui proses pembakaran.

Alat-alat yang digunakannya juga terbilang unik karena alat tersebut didatangkan langsung dari Jepang. Alat tersebut terdiri dari tabung kaca bulat, tabung plastik dan alat pembakar. Prosesnya dimulai dengan mengiisi air pada tabung yang menyerupai bejana, kemudian tabung plastik yang berisi serbuk kopi diletakkan diatasnya, barulah tabung kaca dibakar menggunakan api yang diletakkan dibawahnya.

Proses pembakarannya hanya memakan waktu sekitar sepuluh menit. Setelah mendidih, air dan serbuk kopi naik keatas hingga menyatu. Namun ampas dari serbuk kopi tertahan pada saringan tabung plastik atas. Hasilnya, kopi yang telah bercampur tersebut tanpa ampas, yaitu ekstrak atau sari dari kopi yang diminum.

Para penggemar kopi bakar ini memgaku sangat tertarik mencicipinya karena penasaran dengan cara penyajiannya yang unik. Setelah dirasakan, kopi bakar tersebut berbeda dan rasanya lebih kuat.

Hendro Raharjo, mengaku mendapat resep seperti ini saat ia berkunjung ke Jepang. Karena penyajiannya tergolong unik dan rasanya yang lebih enak dibanding kopi seduh biasa, ia kemudian mencoba mempraktekannya di Semarang. “ide kopi bakar muncul setelah saya dating dari jJepang”, ujar Hendro Raharjo.

Untuk memberikan pilihan selera, penikmat kopi dapat memilih menggunakan gula pasir atau gula merah sesuai dengan selera. Setiap kopi bakar yang disajikan menjadi dua cangkir ini dapat dinikmati dengan hanya merogoh kocek sebesar Sepuluh Ribu Rupiah saja. Penasaran ingin mencoba nikmatnya kopi bakar, silahkan anda berkunjung ke Jan MH Thamrin Semarang, Pasti puas.

0 comments:

Post a Comment