LUKISAN OBAMA TERKECIL DI ATAS BATU CINCIN



Rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ke Indonesia bulan ini, disambut beragam oleh sejumlah pihak. Seorang pelukis asal Pasuruan, Jawa Timur (10/03/2010,) berencana memberikan sebuah lukisan kepada Obama. Menariknya kado yang akan diberikan tersebut berupa sebuah lukisan Obama di atas batu cincin berukuran 1 x 1 Centimeter.

Lukisan unik bergambar Presiden Amerika Serikat, Barack Obama tersebut dibuat oleh seorang pelukis eksentrik bernama jupri abdullah, warga Desa Sumberrejo, Kecamatan Pandaan, Pasuruan.

Barack Obama oleh jupri dilukis setengah badan dengan wajah tersenyum serta mengenakan sebuah jas berwarna hijau. Lukisan tersebut menjadi unik, karena dibuat di atas sebuah batu cincin berbahan acrylic berukuran 1x1 sentimeter.

Istimewanya lagi, pelukis berusia 47 tahun ini membuat lukisan Barack Obama hanya membutuhkan waktu satu hari saja, dengan menggunakan bahan pewarna lukisan berupa cat pada sebuah batu cincin jenis akik.

Jupri mengaku sengaja membuat lukisan khusus tersebut sebagai bentuk penghormatannya dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada bulan Maret tahun ini ke Indonesia.

Bagi Jupri, membuat kado spesial buat Obama bukan sekedar membuat karya seni biasa melainkan lebih dari itu ingin mengingatkan kepada dunia bahwa Barack Obama semasa kecilnya juga pernah hidup dan bersekolah di Indonesia pada kurun tahun 1967 hingga 1971. Ini menandakan bahwa renungan tentang Obama adalah flash back dari masa lalunya. Diakui atau tidak, memori Obama tidak bisa dipisahkan dari tanah air Indonesia “Ke depan, agar masyarakat dunia akan lebih mengenal Indonesia”, ujarnya optimis.

Jupri Abdullah berharap lukisannya menjadi kado spesial kepada Barack Obama serta dapat menyerahkannya langsung kepada satu-satunya Presiden Amerika berkulit hitam tersebut pada saat berada Indonesia nanti.

Jupri Abdullah dikenal sebagai pelukis bergaya kontemporer dan belajar melukis secara otodidak sejak tahun 1978. Pengagum berat Leonardo da Vinci ini, beralih menjadi pelukis profesional sejak 1990. Pada 1994 karyanya berupa kaligrafi tentang ayat kepemimpinan menjadi koleksi mendiang mantan Presiden Soeharto.

0 comments:

Post a Comment