SATE UDANG, PENAMBAH SELERA MAKAN ASLI SITUBONDO



Bagi anda yang berwisata di kawasan objek wisata Pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur. Rasanya kurang lengkap, jika tidak mampir di sebuah warung yang menyajikan menu masakan sate udang bakar bumbu rujak. Dengan rasanya yang begitu nikmat, sate udang bisa menambah gairah makan bagi penikmatnya.

Setiap hari libur, baik hari minggu maupun hari libur lainnya. Warung milik Maimunah di lokasi wisata Pasir Putih, kecamatan bungatan, Situbondo, menjadi favorit para wisatawan dengan sajian khusus menu sate udang bumbu rujaknya.

Selain kerenyahan sate udang bakar, Maimunah sengaja membubuhi menu khas Situbondo tersebut dengan bumbu rujak, sehingga menambah kenikmatan dan aromanya begitu memancing gairah nafsu makan. Apalagi, berdasarkan hasil penelitian, udang mengandung asam lemak omega-3 yang punya manfaat seperti membuat awet muda, melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas, anti-radang, mencegah terjadinya darah yang menggumpal dan lain-lain.

Semula, Maimunah hanya sekedar coba-coba dengan masakan sate bakar bumbu rujaknya ini. Karena selama ini. Mainumah menyuguhkannya bumbu rujak dengan ikan bakar. Namun ternyata, bumbu rujak dengan sate udang bakar in sangat cocok dan memiliki citra rasa yang tinggi.

Untuk memasak menu hidangan sate udang bakar ini, sebenarnya tidaklah sulit. Pertama udang terlebih dahulu dibersihkan. Selanjutnya, udang-udang ini langsung disate dan dibakar. Saat dibakar barulah bumbu rujak dioleskan pada udang-udang ini sehingga aromanya menyebar kemana-mana.

Setelah sate udang bakar di rasa matang. Baru kemudian disajikan dengan sayuran untuk lalapannya hingga menambah manisnya hidangan ini.

Karena banyaknya peminat, dalam sehari Maimunah mengaku mampu menjual hingga 50 porsi udang bakar bumbu rujak plus sayuran dan nasi. Untuk satu porsi di jual dengan harga 35 ribu, berisi 15 tusuk sate udang.

Sate udang bakar Maimunah, jarang ditemui di kota lain. Tak heran, kedainya selalu di padati pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Situbondo. Apalagi, letak kedainya persis di jalur pantura menuju Situbondo menuju Bali. Jika anda kebetulan melintas di jalur tersebut, tak ada salahnya menikmati menu masakan sate udang bakar bumbu rujak milik Maimunah ini. Di jamin akan ketagihan !!!

0 comments:

Post a Comment