BETERNAK TIKUS JEPANG, USAHA ALTERNATIF PENAMBAH PUNDI REJEKI



Tikus, merupakan hewan kecil menjijikkan yang sering mengganggu manusia. Namun suasana berbeda terlihat di rumah Agus Haryanto (35 th) seorang pemuda warga Desa Parakan Wetan, Kecamatan Parakan, Temanggung Jawa Tengah, di tangannya tikus tikus justru dapat mendatangkan pundi pundi rejeki. Selain cepat berkembang biak, usaha tikus Jepang ini juga tidak memerlukan tempat yang besar.

Hewan biakan Agus yang telah dikemabng biakkan selama beberapa bulan terakhir telah mencapai seribu ekor lebih dari berbagai jenis. Mulai dari tikus Jepang, tikus Albino dan jenis tikus yang lain dengan variasi warna yang lucu. Kemudahan dari beternak tikus ini adalah tidak membutuhkan banyak tempat. Hanya membutuhkan wadah yang ditutupi dengan kawat untuk mencegah tikus keluar.

Perawatannya juga sangat mudah. Hanya dibutuhkan ketelatenan dan keuletan. Selain harus memberi makan setiap hari, juga harus membersihkan tempat tikus berupa sekam kayu bekas penggergajian

Untuk mengawinkannya, Agus memasukkan satu ekor tikus jantan dan minimal tiga ekor tikus betina. Hal tersebut bertujuan untuk mempercepat perkawinan dan perkembangbiakan tikus.

Harga satu ekor tikus mulai Tiga Ribu Lima Ratus Rupiah hingga Lima Ribu Rupiah, tergantung besar kecilnya tikus. Pesanan datang dari luar kota seperti Semarang, Yogjakarta dan berbagai kota besar lainnya yang terus berdatangan. Selain untuk dijual, tikus-tikus ini di gunakan untuk makan ular dan kadal piaraan. “Biasanya tikus ini untuk pakan ular, kadal dan hewan piaraan lainnya”. Ungkap Agus.

Sekali melahirkan, biasanya tikus mampu beranak sebanyak 7 ekor. Hasil peternakan tikus milik Agus justru mampu beranak hingga 15 ekor. Begitu lahir, tikus jantan harus dipisahkan dari anak-anaknya. Jika tidak, anaknya bisa dimakan. Anak tikus di biarkan tumbuh besar bersama induk betinanya hingga mandiri.

Kendala dari peternakan tikus adalah mencari bahan jagung sebagai menu makan tikus karena harganya yang fluktuatif. Beternak tikus menjadi salah satu usaha yang tidak membutuhkan banyak tempat, jadi sangat cocok bagi anda yang tinggal di perkotaan. Tertarik mencoba usaha baru ini?

2 comments:

  1. saya mau ternak tikus jepang,saya mencari indukan
    tolong di kasih info kalau kita beli dalam jumlah dan harga,

    boy

    081236666746

    ReplyDelete