KOPI PINANG, MUJARAB PULIHKAN KESEHATAN DISUKAI MANULA



Rutin minum kopi bagi warga aceh adalah hal yang biasa, tapi kopi yang satu ini memang beda. Namanya kopi buah pinang. Selain rasa kopinya yang sepat karena diolah dari bahan dasar buah pinang, kopi tersebut bisa di golongkan sebagai kopi obat karena memiliki banyak khasiat.

Sudah lebih dari 20 tahun lamanya, Zubaedah berjualan diwarungnya yang sederhana. Warung Atoel namanya yang terletak persis disudut kota Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan. Dari tampilannya warung kopi Zubaedah tak beda dengan warung kopi lainnya, yang membedakan adalah rasa kopinya yang sepat, karena di olah dari bahan dasar biji pinang bercampur kopi.

Selain rasa kopinya yang tidak biasa, pelanggan yang datang kewarungnya juga tidak biasa, sebagian besar pelanggan rutin yang datang meminujm kopi pinang racikan Zubaedah, adalah orang-orang yang sudah berusia lanjut atau manula.

Menurut para pelanggan, kopi pinang yang dijajakan Zubaedah berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti asam urat, gangguan pencernaan, letih-lesu, Batuk berdahak, beri-beri dan bisa juga dikonsumsi sebagai obat penambah keperkasaan kaum pria.

Karena khasiatnya itu, para pelanggan mengaku tidak terganggu dengan rasa pinang yang sepat. Bahkan, para pelanggan merasa penyakit asam uratnya berangsur-angsur sembuh setelah rutin mengkonsumsi kopi pinang.

Pinang yang diracik Zubaedah untuk menjadi minuman bukanlah sembarang pinang. Yakni harus biji pinang yang berukuran besar dan dagingnya berwarna coklat tua. Biji pinang tersebut di gonseng diwajan, kemudian dicampur dengan sedikit serbuk kopi.

Penyajiannya boleh dengan gula, dicampur susu, atau disajikan murni seduhan kopi pinang tanpa campuran apa-apa. Bisa juga dicampur telur bebek bagi pelanggan yang memanfaatkan khasiat kopi pinang sebagai obat perkasa.

Menurut jubaedah, selain dari wilayah tapak tuan, pelanggannya juga berasal dari dari luar kota seperti dari Sumatera Utara bahkan pulau Jawa sekalipun.

Keahlian meracik kopi pinang, di warisi Zubaedah dari neneknya. Setelah mengetahui kopi pinang racikannya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, ia mulai membuka warung sendiri. Bahkan Zubaedah mengaku sempat dipanggil Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, untuk kepentingan pelatihan dan penelitian khasiat kopi pinangnya.

0 comments:

Post a Comment