MERAUP DOLLAR DARI USAHA BERTERNAK IKAN HIAS NEON TETRA



Anda suka memelihara ikan hias? Anda sangat beruntung, karena ternyata kegemaran memelihara ikan hias tawar bisa mendatangkan income yang cukup menggiurkan. Di Bogor,Jawa Barat, seorang pengusaha ikan hias bisa meraup untung hingga ratusan juta rupiah, karena ikan hias yang dikembangkannya berhasil menembus pasar ekspor ke Republik Cheko dan negara-negara Eropa lainnya.

Jenis-jenis ikan hias yang sangat digemari pecinta ikan hias mancanegara adalah Neon Tetra, Corridoras dan Guppy. Ketiga jenis ikan hias ini dikembangkan para petani di kawasan Rancamaya dan Parung Bogor. Ikan-ikan tawar tersebut kemudian dikumpulkan oleh seorang petani pengepul di terminal Agrobisnis Rancamaya, Kota Bogor untuk menjalani masa penyesuaian dengan negeri tempat ikan akan diekspor.

Usaha ekspor ikan hias dari Bogor ke mancanega terutama ke Republik Cheko, New Zeland dan negara-negara Eropa lainnya ternyata cukup menggiurkan. Ekspor di awali tahun 2008 dengan jumlah hanya 342 Ribu Ekor. Jumlah ini kemudian berkembang cepat, sehingga tahun 2009 meningkat hingga dua puluh kali lipat, bahkan hingga akhir Maret 2010 ini mampu mendekati angka satu juta ekor.

Ada beberapa jenis Tetra yang popular di Tanah Air, yakni Green Tetra, Blue Tetra, Silver Tetra dan Neon Tetra. Beragam spesies ikan Tetra ini memang berpenampilan indah. Salah satu ikan yang paling terkenal dan banyak diminati adalah Neon Tetra yang berhabitat asli di Sungai Amazon, Amerika. Ikan ini memiliki garis neon biru dan merah di sepanjang tubuh dengan Panjang tubuh Neon Tetra maksimal sekitar 4 cm.
Ikan Neon Tetra paling digemari warga Cheko karena warnanya yang eksotis. Selain itu, Neon Tetra di kenal kuat dan jarang mati. Ikan jenis ini hanya bisa dikembangbiakkan secara massal di Indonesia dan China.

Peluang pasar ekspor ikan yang bernama latin Paracheirodon innesi ini cukup terbuka. Sebab, ikan Neon Tetra ini nantinya diambil zat warnanya untuk bahan kosmetika. Sebelumnya para importir ikan hias membeli dari pertanian penampung di Singapura dengan harga cukup tinggi.

Namun, kendala dalam berternak ikan hias adalah penyakit. Penyakit ikan Neon Tetra misalnya diketahui khusus menyerang ikan Neon Tetra dan beberapa spesies terkait lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh parasit Pleistophora hyphessobryconis. Penyebaran penyakit pada umumnya terjadi melalui spora yang terbawa oleh pakan atau melalui bagian ikan terinfeksi yang mati dan dimakan oleh ikan yang bersangkutan. Oleh karena itu, sebelum melakukan perlakuan apapun terhadap ikan, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi air sudah ideal untuk kehidupan ikan Neon Tetra.

1 comment:

  1. kalau saya mau bergabung bagaimana, sebab saya punya banyak neon tetra. firman, ujung aspal pondok gede, telp. 95509002

    ReplyDelete