TIPAT SROMBOTAN KHAS KLUNGKUNG, KAYA VITAMIN



Bagi yang suka makan sayuran, kota Klungkung Bali adalah tempatnya. Sebab, didaerah yang dijuluki kota srombotan ini menyajikan sajian kuliner jukut srombotan yang terdiri dari berbagai macam sayuran.

Di sebut bumi srombotan, karena Klungkung memiliki kuliner khas yang terkenal bernama Srombotan dan mampu memberikan sensasi citarasa yang sarat dengan kesegaran sayur-sayuran. Srombotan adalah sayuran khas dari Klungkung dan termasuk jenis gado-gado. Makanan ini adalah campuran sayur-sayuran dengan kacang-kacangan yang dibumbui dengan sambal kelapa dan sambal siram yang terbuat dari kacang tanah, terasi dan cabai.

Bahan baku tipat srombotan adalah berbagai jenis sayur, seperti kangkung, bayam, buncis, kacang panjang, terong bulat (mentah), pare, kecipir. Kacangnya antara lain kacang tanah, botor, kacang merah, kacang kara, jagung goreng, dan kecambah.. Sayur mayur tersebut dimasak setengah matang.

Proses penyajiannya pun relatif sederhana. Tipat dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan sayur-sayuran, sementara diatasnya ditaburi dengan sambal kables kacang tanah. Nah, tipat srombotan pun sudah siap dihidangkan.

Sebelum menggoyang lidah penggemarnya, srombotan mesti diaduk terlebih dahulu agar bumbunya lebih meresap dan rata. Hasilnya, perpaduan citarasa kesegaran sayur mayur yang alami dan gurihnya rasa tipat.

Nah! bagi anda penggemar kuliner sayur mayur, tidak ada salahnya mencoba menu tipat srombotan yang banyak ditawarkan diklungkung, , terlebih harganya tidak membikin kantong bolong. Cukup dengan Lima Ribu Rupiah, kesegaran tipat srombotan sudah bisa di nikmati.

3 comments:

  1. heheh
    aku juga suka dengan masakan2 baru
    yang belum pernah dengar atau q coba
    tp yg penting halal
    :D

    ReplyDelete
  2. hmmm
    jadi laperr nuy
    hayoooo hyoooo mauuu dunt
    :D

    ReplyDelete
  3. Eeeemmm,,,
    Jadi pingin makan...

    ReplyDelete