BANYAK YANG SUKSES, TRANSMIGRASI MASIH DIMINATI



Fakta menjadi seorang transmigran saat ini telah berbeda dengan dulu. Sekarang banyak transmigran di Lamongan yang sukses di perantauan sehingga menarik minat rekannya di desa. Tahun ini Pemkab Lamongan kembali akan berangkatkan sebanyak 25 orang transmigran baru ke Kalimantan Timur. Sementara tahun lalu ada 30 orang yang sudah diberangkatkan.

“Kalau dulu banyak masyarakat yang menolak ditransmigrasikan tapi sekarang malah kebalikannya, banyak yang ngantri jadi transmigran, “ ungkap Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Lamongan Soni Harsono melalui Plt Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa. Hal tersebut terjadi, ujar dia, karena banyak transmigran yang sukses. “Transmigran yang sukses ini bukan hanya bisa membangun rumah yang layak di perantauan, tapi juga bisa membangunkan rumah untuk keluarga di kampong. Sehingga banyak tetangga yang tertarik dengan sukses tranmigran ini, “ imbuh dia.

Dilanjutkannya, sukses transmigran asal Lamongan ini bukan hanya soal materi, namun juga dalam strata sosial. Di lokasi transmigrasi, banyak warga Lamongan yang dipercaya menjabat Kepala Desa. Seperti di Kalimantan Timur, ada 10 transmigran Lamongan yang terpilih menjadi Kades.

“Sebenarnya permintaan untuk mengirimkan transmigran asal Lamongan ke sejumlah daerah di luar jawa cukup tinggi. Hal tersebut karena transmigran asal Lamongan dikenal ulet dan pekerja keras. Namun dengan keterbatasan anggaran, tahun ini baru bisa memberangkatkan 25 orang, “ kata dia.

Saat ini Pemkab Lamongan memiliki perjanjian kerjasama bidang transmigrasi dengan Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi yang ditandatangani 2008 silam. Dalam perjanjian kerjasama yang berlaku hingga 2010 itu, Pemkab Muarojambi menyiapkan lahan 2 hektar dan memberikan pembinaan lingkungan permukiman untuk transmigran. Sementara Pemkab Lamongan diamanatkan untuk memberikan bantuan pupuk pada trasnmigran.

0 comments:

Post a Comment