JIKA TULISAN KITA DI COPY PASTE ORANG LAIN



Menulis artikel di blog/web tentunya harus di lakukan dengan fair, bukan dengan cara copy paste. Untuk membuat sebuah artikel berkualitas, di butuhkan pemikiran yang tidak mudah. Sehingga cara copy paste memang sangat menyakitkan.

Copy paste tulisan sebenarnya tidaklah di larang sepanjang sumber aslinya di kutip pula baik dengan mencantumkan sumber secara pasif maupun aktif.

Memang Undang-Undang tentang Hak Cipta Intelektual memberi perlindungan yang cukup pada pembuatnya. Namun, proses mendapatkan hak perlindungan tersebut membutuhkan waktu dan energi yang tidak sedikit pula. Sehingga sebagian besar penulis yang artikelnya di kutip tanpa mencatumkan sumber aslinya, hanya bisa menggerutu saja, tanpa mampu berbuat banyak.

Laporkan Penjiplakan ke Google
Sudah menjadi maklum, bahwa google merupakan mesin pencari nomor wahid yang ada saat ini. Sebagian besar pengunjung blog/web berasal dari mesin pencari tersebut. Untuk itu, google bisa di jadikan sebagai salah satu alternatif untuk mencegah penjiplakan tulisan yang tidak fair.

Dengan cara ini, blog/web yang memuat tulisan copy paste secara tidak fair, akan di anggap sebagai spam oleh google, sehingga rangking halamannya akan turun atau bisa di banned dari mesin pencari.

Pihak google sendiri sangat berhati-hati dalam merespon setiap laporan berkenaan dengan pelanggaran hak cipta ini, sehingga kadang-kadang efek dari laporan kita tersebut, membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 7 jam sebelum ada bukti yang sangat akurat. Bukti tersebut misalnya adalah tanggal dan waktu posting artikel serta orisinalitas tulisan.

Untuk melaporkan penjiplakan tulisan, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. kunjungi halaman ini. Halaman web master tools google ini di gunakan untuk melaporkan adanya spam yang mengganggu tulisan kita di mesin pencari.

2. Masukkan username dan password google web master tools. (Akun ini sebelumnya kita gunakan untuk mendaftarkan blog/web kita ke mesin pencari google)

3. Isi kotak The specific web page or site that is misbehaving dengan alamat tulisan kita yang telah di copy orang lain.

4. Isi kotak Exact query that shows a problem (copy this from the Google search box) dengan query pencarian. Misalnya Permen Kersen atau kata serta kalimat yang menggambarkan tema tulisan kita untuk pencarian di google.

5. Pada kotak Resulting Google page that shows problem (copy the Google URL), isi dengan alamat url hasil pencarian. Copy saja dari address bar.

6. Beri tanda centang pada pilihan Other. Lanjutkan saja pada isian Additional details, isi dengan tulisan Copyright issues, lalu tekan tombol Report Spam.

Setelah cara ini kita tempuh, lihat hasilnya sekitar 4 sampai 7 jam. Rangking tulisan kita di blog/web orang yang telah di meng-copas tulisan kita, akan turun untuk selanjutnya hilang sama sekali.

0 comments:

Post a Comment