KONFERENSI BLOGGER, SEPEKATI PUBLIKASIKAN PRESTASI AKADEMIK



Menyusul keprihatinan terkait sulitnya mempromosikan prestasi dan hasil riset kalangan kampus ke luar negeri, konferensi ratusan blogger (11/04/2010) yang digelar di kampus Universitas Negeri Solo, Jawa Tengah, sepakat menjadikan blog sebagai media mempublikasikan prestasi akademik dan hasil riset dalam negeri melalui dunia maya, agar Indonesia makin dikenal di dunia Internasional.

Sejumlah blogger ternama dihadirkan langsung dalam konferensi di aula kampus UNS Solo, untuk membahas berbagai hal terkait keberadaan fasilitas dunia maya tersebut. Antara lain, anggota komisi IX DPR RI yang sekaligus penulis novel dan skenario sejumlah flim terkenal, Nova Riyanti Yusuf atau Noriyu.

Di hadapan peserta konferensi blogger bertajuk UNS Blog Festival, Noriyu menyatakan, saat ini, blog merupakan salah satu sarana yang paling efektif untuk menyebarkan berbagai karya. Karenanya, para blogger harus bisa mengoptimalkan peran blog dengan misi-misi yang positif, seperti dilakukannya.

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi kesulitan tersebut, adalah melalui blogging di internet. Selain murah, blog juga bisa menjangkau berbagai kalangan tanpa batasan ruang dan waktu. “Di samping murah, blog sangat familiar untuk di gunakan”, ujarnya.

Para blogger juga sepekat untuk tidak hanya akan menjadikan blog sebagai tempat curahan hati pribadi namun ikut mempublikasikan berbagai prestasi akademik dan hasil riset dalam negeri agar Indonesia makin dikenal di tingkat Internasional.

Hal ini perlu dilakukan, karena, persaingan prestasi di tingkat dunia dirasakan makin sulit. Salah satu senjata untuk memenangkannya adalah menghasilkan prestasi akademik dan mempublikasikannya. Dengan kata lain, perlu adanya terobosan baru untuk membina hubungan yang saling menguntungkan anata kalangan akdemisi dan para blogger.

0 comments:

Post a Comment