LEGEN, MINUMAN TRADISIONAL SEMBUHKAN PENYAKIT BATU GINJAL



Legen, atau minuman yang berasal dari getah pohon siwalan, bagi warga Gresik Jawa Timur, tidak sekedar untuk melepaskan rasa dahaga, karena minuman alamiah ini, juga berkhasiat untuk sembuhkan penyakit batu ginjal.

Pasangan suami isteri Abdul Kadir, dan Ismiyati, adalah salah satu warga mulyorejo, kecamatan panceng, kabupaten Gresik yang menyandarkan hidupnya dengan bekerja sebagai pencari legen.

Setiap pagi, usai sholat shubuh, pasutri yang sudah menjalani profesi penjual legen, sejak 40 tahun yang lalu, berangkat ke ladang di belakang rumahnya untuk memasang tabung bambu, atau bumbung, dan kembali pulang pada sore hari, dengan membawa legen murni.

Karena kemurniannya ini, legen Gresik memiliki perbedaan dengan dan berkhasiat, untuk sembuhkan penyakit batu ginjal, maupun obat pencuci perut.

Meski legen Gresik, dengan mudah diperoleh di sepanjang jalan menuju kota Gresik, tetapi pohon siwalan, tanaman jenis palma yang banyak tumbuh di daerah pesisir utara Jawa yang beriklim panas dan kering tersebut hanya terdapat di belahan utara kota Gresik, yakni di kecamatan Panceng. legen keluar dari pohon Siwalan melalui tangkai tandan bunga yang sudah dipotong atau di iris.

Sedangkan proses pembuatan legen Gresik, tidak jauh berbeda dengan yang terdapat di daerah lain. Yang membedakan, hanya proses pembuatan, yang alamiah, karena tanpa campuran sedikitpun.

Kadir, mengatakan, sengaja tidak memberikan campuran, agar legen yang dihasilkan lebih segar dan fresh. Namun, untuk memberikan aroma, dia dan juga warga lain di desanya hanya menggunakan daum jambu sebagai penutup bumbung. “Saya sengaja tidak memberikan campuran agar rasanya semakin segar dan nikmat”, kata Kadir.

Meski belum ada penjelasan medis mengenai khasiat legen, namun, para penikmatnya percaya jika legen mampu mengatasi penyakit batu ginjal. Seperti yang di rasakan Widodo, salah satu penghobi minum legen, yang mengatakan minuman tidak hanya menyegarkan, tetapi juga berkhasiat untuk sembuhkan penyakit batu ginjal dan obat pencuci perut. “Setelah minum legen, perut saya terasa plong”, ujarnya.

Tak hanya Widodo, masih banyak lagi warga baik di Gresik, Lamongan hingga Tuban yang mengaku sembuh dari penyakit batu ginjal setelah dengan rutin mengkonsumsi legen.

Legen, kini tidak hanya menjadi milik warga Gresik, karena minuman yang telah ada sejak masa nenek moyang itu, juga disuka warga dari daerah lain, terutama karena rasa dan kemurniannya.

1 comment: