LUNPIA DURIAN, CITARASA LAIN DARI KOTA SEMARANG



Ingat kota Semarang Jawa Tengah, pasti ingat lunpia, karena jajanan ini adalah makanan khas Semarang. Tapi tunggu dulu, di Semartang banyak sekali orang berjualan lunpia. Anda harus pandai memilihnya untuk oleh-oleh buat keluarga.

Di Semarang, ada sebuah kedai kuliner yang khusus menyajikan makanan yang berbahan utama durian. salah satunya adalah lunpia durian. jika biasanya lunpia dibuat dengan isian rebung, lalu bagaimana dengan lunpia berisa durian ini?

Oemah Doeren, begitulah nama kedai yang berada di Jalan Sugiyopranoto, sebelah barat Tugu Muda Semarang ini. disebut Oemah Doeren atau rumah durian, karena semua menu makanan yang tersaji berbahan baku utama buah durian. ada es krim durian, dawet durian, atau gorengan durian. Salah satu yang unik adalah lunpia durian.

Jika biasanya lunpia Semarang berbahan baku kulit tepung yang diberi isian rebung, telur dan udang, lunpia yang satu ini diberi isian durian. Agar semakin sedap di mata, kulit lunpia pun tidak berwarna putih atau coklat. tapi diberi campuran air pandan yang membuat warna kulit lunpia menjadi hijau dan harum.

Adonan kulit lunpia lalu didadar di atas loyang bundar. setelah matang yang mengering, bari ditaruh di atas piring. Nah durian matang pun kini siap diolah menjadi adonan pasta durian. Wow, dari buahnya saja sudah bikin lidah bergoyang, apalagi pasta duriannya nanti yang diolah dengan ramuan khas.

Pasta durian yang sudah jadi, kini dituang ke atas kulit lunpia. setelah itu digulung, dan jadilah lunpia durian.

Pemilik kedai bilang, ide membuka omah durian berasal dari banyaknya buah durian saat panen di daerah Gunung Pati. yaitu sebuah desa yang berada di Semarang atas. melihat banyak orang yang menyantap durian apa adanya, maka terbersit ide untuk membuat makanan olahan durian. Ide tersebut lalu digabungkan dengan makanan khas kota Semarang, lalu dimodifikasi dengan durian.

Para penggemar durian mengaku bisa menikmati rasa durian dengan citarasa lain. perpaduan durian dengan kulit lunpia, membuat para penggemar durian bisa menikmati durian dengan rasa yang lain.

Anda penasaran? nggak mahal kok. seporsi lunpia durian hanya lima ribu rupiah. sedangkan es krim durian antara Lima Ribu hingga Sepuluh Ribu Rupiah, tergantung aneka rasa lunpia yang dipilih.

0 comments:

Post a Comment