RITUAL PINDAPATA, PARA BIKSU TURUN KE JALAN KUMPULKAN BERKAH



Dua hari menjelang perayaan Waisak, ratusan Biksu dari berbagai sangga seperti mahayana,teravadha, serta trantayan, melakukan ritual pindapata atau mengumpulkan berkah yang diberikan oleh umat Budha, di jalan utama kota Magelang, Jawa Tengah (26/05/2010.). Dalam ritual ini umat Budha memberikan sedekah berupa uang, bahan makanan dan lain-lain kepada Biksu, yang sejak pagi hari telah berkeliling kota.

Dengan sikap anjali atau sikap tangan menyembah, puluhan umat Budha yang berada di sepanjang Jalan Pemuda atau biasa disebut kawasan pecinan, kota Magelang, sudah bersiap menunggu para Biksu yang akan melakukan ritual pindapata dengan cara berjalan kaki . Ritual pindapata adalah mengumpulkan uang atupun bahan makanan dari yang dipersembahkan umat Budha kepada Biksu.

Menurut Biksuni Wiryaguna Ketua Majelis Maju Bumi Walubi, ritual ini merupakan bentuk ajaran sang Budha. Selain itu barang siapa yang memberikan sedekah kepada para Biksu, maka sang pemberi sedekah akan diberikan kemakmuran dan kecukupan dalam hidupnya. “Ajaran ini sangat bermanfaat bagi kita, sebagai bentuk pengajaran solidaritas dan akan mendatangkan rejeki”, Ujar Biksuni Wiryaguna.

Umat Budha kota Magelang mengaku senang dan percaya jika memberikan sedekah kepada para Biksu maka rejeki yang didapat akan lebih berlimpah.

Sebelum melakukan ritual pindapata, ratusan Biksu dari berbagai sangha ini melakukan pemanjatan doa serta sembayangan di Vihara Liong Hok Bio, Kota Magelang. Selanjutnya mereka langsung melakukan ritual pindapata.

Sementara itu perayaan Waisak 2554 be, 2010 Masehi akan jatuh pada tanggal 28 Mei, yang rencanaya akan dipusatkan di komplek Candi Borobudur.

0 comments:

Post a Comment