TERAPI KEBUGARAN DENGAN MANDI LUMPUR



Lumpur bagi masyarakat porong sidoarjo merupakan bencana karena telah merendam ribuan rumah mereka. Namun, bagi seorang tabib di Lamongan Jawa Timur, lumpur merupakan alat terapi kebugaran dan kecantikan. Sejak membuka terapi mandi lumpur tersebut tahun 1992, ratusan orang telah merasakan kegunaannya.

Kesibukan membuat adonan lumpur di rumah Ahmad Hambali (50 th), warga Jalan Sunan Giri Kecamatan Kota Lamongan, bukanlah aktifitas anggota badan penanggulangan lumpur sidoarjo yang sedang mengendalikan luapan lumpur. Tetapi sedang menyiapkan adonan lumpur sebagai media terapi kebugaran tubuh.

Selama ini, Ahmad Hambali di kenal sebagai salah satu tabib pengobatan alternatif yang menawarkan berbagai macam jenis terapi, mulai mandi kembang, mandi susu, mandi madu hingga mandi lumpur.

Membuat adonan lumpur bisa di lakukan di mana saja, tergantung jumlah pasien yang akan berobat. Lumpur yang di gunakan dalam terapi ini bisa menggunakan Lumpur sawah atau Lumpur laut. Sebelum proses mandi lumpur di mulai, biasanya Hambali memasukkan energi positif pada adonan lumpur, agar aura yang terdapat di dalam kulit, bisa keluar.

Saat mandi, pasien di anjurkan untuk mengusapkan lumpur pada semua bagian tubuh hingga merata. Proses mandi lumpur ini biasanya berlangsung kurang lebih 20 menit. Setelah itu, tubuh di keringkan di bawah sinar matahari sambil melakukan gerakan-gerakan agar otot lebih kendur.

Setelah membersihkan tubuh, kemudian berlanjut ke proses penenangan jiwa dengan meminum air yang telah di beri energi positif, sambil berdoa memohon kepada sang maha kuasa agar di beri kesehatan lahir batin.

Terapi ini di akhiri dengan mandi kembang menggunakan berbagai jenis bunga taman seperti mawar, melati, sedap malam, pandan wangi dan lain-lain. Tujuannya, agar tubuh menjadi harum dan segar. Agar memperoleh hasil maksimal, pasien di anjurkan melakukan terapi ini 2 kali dalam sebulan.

Sejak membuka usaha terapi tahun 1992, ratusan pasien telah merasakan manfaat mandi lumpur ini. Setiap bulan, Hambali rata-rata mampu melayani 4 sampai 8 pasien yang berasal dari sejumlah kota di jawa timur.

Menurut Hambali, dasar terapi mandi lumpur adalah berangkat dari proses awal penciptaan manusia yang tercipta dari tanah. Jadi, prinsip mandi lumpur adalah dari tanah kembali ke tanah. “terapi adalah terapi alam di mana manusia secara alami pula di ciptakan”, ujar Hambali.

Di samping mampu mengembalikan kebugaran tubuh, mandi lumpur juga mampu menghilangkan linu-linu yang saat itu sedang di rasakan pasien.

Bagi Hambali, terapi mandi lumpur, bukan hanya sekedar terapi menambah kebugaran saja. Tapi lebih dari itu, mandi lumpur juga mengajak pasien kembali merenungi makna penciptaanya.

0 comments:

Post a Comment