TERAPI TRADISIONAL ATASI SAKIT GIGI



Jika terserang sakit sakit gigi, semua organ tubuh bisa lemas. Inilah yang biasa di rasakan penderita sakit gigi saat sakit menyerang. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi dan gingivitis yang di sebabkan adanya lubang di sekitar gigi. Lubang gigi disebabkan oleh pertemuan antara bakteri dan gula. Bakteri akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam yang menyebabkan lingkungan gigi menjadi asam dan terjadilah lubang kecil pada email gigi.

Untuk itu, kurangi makan daging serta makanan yang banyak mengandung gula dan tepung Makanan jenis ini bila tertinggal di gigi akan menyebabkan asam yang membuat gigi berlubang.

Untuk mengatasinya :
1. Rebuslah kira-kira 5 helai daun sirih yg sudah tua, satu potong gambir, dan sedikit garam dalam 5 gelas air. Rebuslah hingga air menjadi 3 gelas. Dalam keadaan hangat kuku, air ramuan ini dipergunakan untuk obat kumur, lakukan berkumur 3 kali sehari.

2. Gunakan cabai hijau dipotong ujungnya sedikit lalu dibakar. Setelah panas, tempelkan cabai tersebut pada gigi yang sakit. Bisa juga dengan menggunakan daun kembang sore direbus dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc. Saat air masih hangat digunakanlah untuk berkumur.

Bila sering terserang sakit gigi akibat gigi berlubang, dianjurkan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung kalsium, seperti kacang kedelai, sayuran hijau, dan minyak wijen serta mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium tinggi.

0 comments:

Post a Comment