ANEKA RASA BUAH-BUAHAN DALAM SALAD IKAN GURAMI



Ikan gurami yang banyak dikonsumsi masyarakat, selama ini hanya dinikmati dengan digoreng atau dibakar saja. Namun di salah satu depot di Jalan Monjali Yogyakarta, ikan gurami dimasak dengan kombinasi buah - buahan, yakni salad ikan gurami rasa sari buah, seperti salad gurami mangga, salad gurami lemon serta salad gurami anggur.

Berbagai menu masakan ikan gurami ini sengaja di buat dengan rasa aneka buah-buahan untuk membuat sensai lain bagi lidah para penggemar ikan gurami. Menu ini bisa anda temui di di salah satu pondok makan, di Jalan Monjali, Yogyakarta.

Selain bisa menikmati rasa salad, tempat makannya pun di alam terbuka dan seperti makan di bawah pohon rindang, atau pun makan di pinggir kali. Sehingga tak heran jika menunya pun dicoba dikaitkan dengan alam. Salah satunya adalah salad ikan gurami dengan rasa sari buah.

Nama menunya bervariasi seperti salad gurami rasa mangga, salad gurami rasa jeruk atau lemon, yang diberi nama sari lemon dan salad gurami rasa anggur, atau tebar permata. Dinamakan tebar permata, karena butiran anggur di sekitar salad gurami seperti butiran permata. Selain ikan yang dimasak dalam kondisi segar, penyajian salad ikan gurami rasa aneka buahpun juga menarik dan menggugah selera makan.

Cara pembuatannya pun sangat sederhana, dengan ikan gurami yang masih segar. Ikan gurami yang akan dimasak, ditangkap dari aquarium dan kemudian dibersihkan sisik serta isi perut ikan. Ikan - ikan gurami, kemudian direndam kedalam air bumbu dari rempah - rempah. Setelah direndam beberapa saat, ikan gurami digoreng hingga matang. Sambil menunggu ikan gurami digoreng, bumbu - bumbu disiapkan serta buah - buahannya. Diantaranya, buah anggur dan jeruk atau lemon, dan cabe merah, bawang bombay dan bumbu penyedap lainnya serta minyak wijen.

Setelah ikan gurami masak, maka bumbu digoreng dan di tambah air dan gula, garam, bumbu penyedap dan minyak wijen serta sedikit saus. Kemudian ikan gurami goreng dimasukkan dalam kuah dan diaduk hingga rata, dan bumbu meresap. Ikan gurami diangkat dan dituangkan dalam piring, yang kemudian ditaburi anggur merah. Salad gurami anggur tebar permata siap disajikan. Sedangkan salad gurami rasa lemon, atau sari lemon, prosesnya sedikit berbeda. Yakni ikan gurami goreng langsung diletakkan di atas piring, kemudian ditaburi irisan jeruk atau lemon, dan disiram dengan bumbu kental kuah panas.

Proses pembuatan salad gurami rasa mangga hampir sama dengan salad gurami lemon atau jeruk. Yakni irisan buah mangga dicampur bawang bombay, irisan cabe merah, ditambah dengan saus thailand dan minyak wijen kemudian diaduk sampai campur dan kemudian ditabur diatas gurami goreng.

Menikmati salad gurami rasa sari buah dibawah pepohonan yang rimbun, semakin menambah nikmat. Apalagi di sekitarnyanya terdapat pemandangan air terjun dan sungai dengan air yang bening dan bersih. Sejumlah pembeli ikan gurami salad buah, mengaku penasaran dengan menu yang satu ini. Selain ingin mencoba, rasa buahnya sangat terasa, pada ikan gurami tersebut.

Selain dengan rasa aneka buah-buahan, menu ini mempunyai kandungan protein sangat tinggi, sehingga banyak di gemari. Harganya pun cukup terjangkau, setiap porsinya antara 50 sampai 70 ribu rupiah, tergantung besar kecilnya ikan dan dapat dinikmati untuk 5 orang, karena berat ikan rata-rata 7 ons hingga 1 kilogram. Penasaran, silakan mencobanya!!

0 comments:

Post a Comment