BEBEK GORENG LEPAS TULANG, GURIHNYA HINGGA KE UBUN-UBUN



Bebek lepas tulang adalah salah satu menu khas warga kota santri Gresik, yang kian disukai warga. Rasanya yang lezat, di padu rasa sambal berbahan rempah-rempah yang pedas dan gurih, membuat kenikmatan tersendiri bagi pelanggannya. Tak heran jika para pelanggan mengaku ketagihan.

Hidangan spesial bebek lepas tulang ini hanya bisa ditemui di Jalan Raya Gubernur Suryo, Kelurahan Telogo Pojok, Kecamatan Kota Resik, yang telah berdiri sejak 20 tahun silam.

Berbeda dengan warung nasi bebek pada umumnya, warung milik Haji Muslim yang di kenal dengan panggilan, Cak Selem ini, sengaja menyediakan menu utama daging bebek lepas tulang, sekedar untuk memanjakan para pelanggannya, tanpa harus repot-repot memisahkkan daging dari tulangnya.

Hidangan khas ini, tidak hanya cocok disantap pada siang hari, karena juga lebih berasa lezat, saat disantap pada malam hari. Karena itu, warung dengan menu utama daging bebek ini, tidak pernah sepi pembeli.

Haji Muslim, hanya memilih bebek yang telah berusia tiga tahun, karena tekstur dagingnya lebih empuk dan lembut. Tak hanya itu, Haji Muslim juga memilih jenis beras yang baru di panen agar aroma harum beras mampu menambah citra rasa daging bebeknya. “Nasi bebek goring lepas tulang ini di pilih dari beras berkualitas yang baru di panen”, ujarnya.

Selain itu, sambalnya juga dibuat secara khusus, karena tidak hanya memanfaatkan cabe, bawang merah, dan bawang putih, tetapi juga menggunakan bahan baku rempah-rempah komplit, yang disangrai selama hampir delapan jam.

Proses pengolahan bebek lepas tulang sebenarnya hampir sama persis dengan bebek goreng pada umumnya. Pertama-tama, daging bebek dimasak serta dicampur bumbu rempah-rempah yang komplit dan kental, selama hampir dua jam.

Setelah daging masak dan bumbu meresap ke dalam daging, dilanjutkan dengan proses pelepasan tulangnya. Namun, sebelum dihidangkan terlebih dahulu daging bebek digoreng dengan campuran bumbu kunyit.

Dalam sehari, Haji Muslim mampu menghabiskan 40 hingga 50 ekor bebek dengan melayani pelanggan hingga luar kota Gresik, seperti Surabaya, Lamongan, Semarang hingga Jakarta.

Edi sarminto, salah satu pelanggan, mengatakan, dagingnya yang empuk, rasanya yang gurih, ditambah sambal pedasnya, membuat dirinya merasakan kenikmatan hingga ke ubun-ubun.

Bagi anda para pecinta kuliner berbahan daging bebek,tak ada salahnya merasakan sensasi kelezatanya daging bebek lepas tulang, hanya dengan harga 12 ribu rupiah, per porsinya.

0 comments:

Post a Comment