BERNOSTALGIA KE MASA KECIL DENGAN MENIKMATI IKAN SUNGAI



Jika anda suka dengan menu ikan, jangankan lewatkan tempat kuliner di Temanggung Jawa Tengah. Rumah makan Iwak Kali di Kecamatan Pringsurat, perbatasan antara Kabupaten Temanggung dengan kabupaten Magelang khusus menyediakan menu ikan sungai. Selain rasanya yang gurih, menyantap ikan sungai juga bisa menjadi ajang bernostalgia ke masa kecil dulu.

Warung makan Iwak Kali yang berada di jalur wisata antara semarang ke magelang memiliki sajian berbeda dengan depot makan pada umumnya. Sesuai namanya “Iwak Kali” menu utamanya adalah ikan sungai, disamping menu lain seperti enthok dan ayam.

Ikan sungai yg disajikan adalah ikan hasil tangkapan di sungai Progo dan sungai Elo Magelang, seperti ikan wader, tawes, kotes, uceng, belut serta udang sungai. Dengan bumbu berbahan rempah-rempah, ikan ini diramu sedemikian rupa hingga hilang bau amisnya, untuk selanjutnya digoreng hingga garing

Disajikan dengan di tempat anyaman bambu khas pedesaan, rasa khas ikan sungai yang gurih ini lebih banyak disuka. Apalagi, nama Iwak Kali mampu mengingatkan orang akan masa kecil saat sering main di sungai sambil menangkap ikan.

Tak mudah memang menyediakan ikan sungai setiap hari. Namun pemilik warung punya kiat agar bisa menyediakan ikan sungai setiap hari. Yakni bekerja sama dengan para pencari ikan dari berbagai desa di sepanjang aliran sungai Progo agar stok ikan bisa terpenuhi. “Cara yang paling efektif, memang harus bermitra dengan para pencari ikan di sungai”, ujar Etty, emilik warung Iwak Kali.

Untuk menyantap ikan sungai sambil bernostalgia ke masa kecil, tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Cukup dengan Sepuluh Ribu Rupiah saja, anda sudah bisa menikmati seporsi iwak kali, plus nasi, lalap sambal, serta segelas minuman. Tertarik?

0 comments:

Post a Comment