BUDIDAYA IKAN CUPANG, MEMBASMI BINTIK NYAMUK SEKALIGUS PELUANG USAHA



Apa yang sudah anda lakukan saat musim penghujan kali ini khususnya dari ancaman penyakit yang di sebabkan nyamuk, sudahkan anda menutup genangan air? Tapi kalau belum tak perlu khawatir, ada cara unik untuk membasmi jentik nyamuk, yakni dengan budidaya ikan cupang.

Ikan cupang atau betta splendens, sering di kenal hanya sebagai ikan hias saja. Namun di balik keindahan warna tubuhnya, ikan air tawar yang memiliki sifat sangat protektif dan senang bertarung tersebut, ternyata memiliki manfaat lain yang sangat bermanfaat, salah satunya untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.

Saat musim penghujan seperti sekarang ini, perkembang biakan jentik nyamuk terutama nyamuk demam berdarah, akan semakin pesat. Untuk menjaga kebersihan rumah, bisa memanfaatkan ikan cupang ini untuk meminimalisir perkembangan jentik jentik nyamuk.

Tak perlu membeli ikan cupang yang berharga mahal, yang penting masih dalam kondisi sehat, ikan cupang akan mampu membasmi jentik nyamuk. Apalagi, ikan cupang memiliki daya tahan hidup cukup kuat, sehinga mampu bertahan hidup dalam air meski hanya memakan plangton ataupun jentik-jentik nyamuk.

Di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah misalya, Dinas Kesehatan setempat mengadakan program pemeliharaan ikan cupang untuk menekan mewabahnya penyakit yang di sebarkan oleh nyamuk. Setiap minggunya petugas meninjau lokasi pemukiman milik warga, serta membagikan ikan cupang secara gratis. embagian ikan cupang ini ternyata cukup efektif untuk menekan angka penyebaran penyakit yang di tularkan oleh nyamuk .

Ada banyak keuntungan dengan memelihara ikan cupang, yakni menjadikan rumah sehat dan bebas dari jentik nyamuk, serta memiliki hiasan unik pot tanaman air dan ikan hias yang di pajang di ruang tamu anda.

Di samping itu, budidaya ikan cupang juga memiliki peluang usaha yang tidak bisa di remehkan. Anda bisa menjual anak ikan cupang ke pasaran dengan harga Rp 1000 per ekor. Apalagi, sepasang induk ikan cupang bisa dihasilkan 100 s/d 200 anak ikan cupang. Anda bisa hitung sendiri berapa pemasukan yang Anda dapatkan bila Anda punya 10 pasang indu. Lumayan kan?

0 comments:

Post a Comment