KENIKMATAN NUANSA KERETA API DALAM NASI GERBONG DAN ES LOKOMOTIF



Bagi anda para pemburu kuliner, tempat yang satu ini, patut dicoba, untuk menambah pembendaharaan kuliner anda. Di kota Bandung Jawa Barat, sebuah cafe bernama locomotive cafe, menawarkan berbagai menu makanan yang sama dengan istilah perkereta apian. Nasi gerbong serta es locomotive, adalah menu andalannya.

Sepintas, rumah makan yang sisi aliran Sungai Cikapundung ini, tak jauh berbeda, dengan tempat makan pada umumnya. Namun, jangan salah dulu. Perbedaan baru akan anda rasakan, saat melihat daftar menu makanan, yang ditawarkan.

Sesuai dengan namanya, locomotive cafe, tempat makan yang terletak tak jauh dari kantor pusat PT KAI ini, menawarkan berbagai macam menu, dengan istilah dunia perkereta apian. Seperti nasi gerbong misalnya, bentuknya mirip gerbong kereta api dan di dalam nasi terdapat berbagai macam sayuran, seperti wortel, kacang polong, serta jagung. Nasinya yang dikukus dan dibalut dengan daun pisang muda membuat aroma tersendiri yang mampu menggugah selera.

Sebelum dihidangkan, nasi gerbong melalui beberapa proses. Nasi dioseng terlebih dahulu dengan campuran sayuran yang ada di dalamnya. Setelah itu, dikukus dan dibalut dengan daun pisang muda. Setelah dipersiapkan, nasi gerbong akan dilakukan pengasapan terlebih dahulu, sebelum dihidangkan ke pengunjung.

Selain nasi gerbong, juga terdapat berbagai menu lainnya, seperti iga bakar bara, nasi dan mie locomotive. Tak hanya makanan, menu minuman pun, diberi nama unik. Seperti es locomotive, es jangan tinggalkan gerbongku, serta banyak menu minuman lainnya.

Dari sekian banyak tawaran menu, nasi gerbong, serta es locomotive, merupakan menu yang kerap diminati para pengunjung, karena corak dan rasanya sangat serasi.

Es lokomotif. Airnya terlihat merah jingga berisi kelapa jeli kotak dan beberapa butir bubble. Ada juga irisan strawberri. Rasanya asem dan manis sehingga cocok di nikmati bersamaan dengan nasi gerbong.

Semula, pengelola cafe berencana menggunakan gerbong asli, untuk dijadikan lokasi kafe. Namun karena keterbatasan dana, pihak pengelola akhirnya mengurung niat tersebut.

Harga makanan yang ditawarkan, di kafe ini, relatif terjangkau. Dari yang sepuluh ribu, hingga yang teremahal tiga puluh dua ribu rupiah.

Selain dapat menikmati sensasi bersantap dalam nuansa kereta api, lokasinya yang terbuka, menjadikannya dapat menambah nafsu makan.

0 comments:

Post a Comment