SUP IKAN BACEMAN, SENSASI RASA KHAS SUNGAI SERAYU


Sungai Serayu yang melintas di sepanjang wilayah Kabupaten Wonosobo di bagian hulu hingga Cilacap Jawa Tengah di bagian hilir, memiliki jenis ikan langka bernama ikan Baceman yang memiliki rasa khas. Jenis ikan yang sulit dibudidayakan dan hanya mengandalkan tangkapan nelayan tradisional setempat tersebut sangat nikmat terutama jika di masak dengan masakan sup.

Ikan baceman adalah sejenis cat-fish yang bentuknya mirip ikan patin. Ikan ini tidak dibudidayakan melainkan berkembang biak secara alami. Karena itu, memiliki rasa khas yang tidak di miliki jenis ikan air tawar lainnya.

Jika ingin menikmati cita rasa khas ikan Serayu tersebut, anda bisa mampir ke Resto yang berada di tepi Bendung Gerak Serayu Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Di tempat ini, selain menikmati sup ikan baceman, pemandangan alam dengan jajaran bukit pohon cemara bisa membuat anda betah di sini.

Cara memasak ikan baceman, sangat mudah dan hamper sama dengan memasak menu sup pada umumnya. Setelah dibersihkan, ikan baceman siap untuk diolah. Bumbu yang disiapkan seperti bumbu sup pada umumnya diantaranya bawang, merica, jahe dan sedikit cengkih. Setelah dihaluskan, bumbu digoreng dan ditambah air untuk menjadi kuah.

Sebelum dimasak sup, daging baceman digoreng terlebih dahulu agar didapat cita rasa gurihnya. Setelah itu, ikan dimasak dalam kuah hingga empuk.

Ikan Baceman memang memiliki struktur duri yang empuk dengan posisi di tengah sehingga mudah dilepas dari dagingnya dan aman di konsumsi anak-anak.

Pemilik Resto sengaja menyajikan masakan sup ikan Baceman taklain dan tak bukan adalah untuk memberikan sensasi rasa dari sungai Serayu. “Idenya memang berangkat dari keinginan menyajikan sesuatuyang khas dari sungai Serayu”, ujar Yumi purwandari, pemilik resto sup baceman.

Menikmati ikan Baceman bukan sekedar menikmati rasa daging ikan saja, melainkan lebih dari itu adalah untuk membangkitkan kembali kenangan masa kanak-kanak saat sering memancing ikan tawar di kali.

0 comments:

Post a Comment