BOTHOK LEBAH MADU COCOK BAGI PENDERITA DIABETES



Siapa bilang tawon atau lebah hanya berfungsi sebagai penghasil madu saja. Dengan sedikit kreatifitas, rumah makan Mbah Mustari di Jalan Raya Pungkruk Desa Sidoharjo, Sragen Jawa Tengah, mampu mengolah tawon atau lebah madu menjadi menu andalan santapan makan siang. Selain gurih dan lezat, kandungan gizi daging tawon dan campuran madunya mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Anda tidak perlu khawatir akan mengalami keracunan atau alergi setelah menyantap Botok Lebah Madu, karena untuk membuat bothok tawon ini diambilkan dari lebah yang hanya menghasilkan madu saja.

Untuk membuatnyapun sangatlah muda, pertama-tama menyiapkan parutan kelapa muda, cabai, bawang merah dan bawang putih kemudian gula jawa serta sedikit garam. Bumbu-bumbu tersebut kemudian dijadikan satu untuk selanjutnya di tumbuk hingga halus seperti membuat sambal.

Setelah bumbu siap, kemudian tawon madu langsung di rebus kurang lebih 10 menit. Setelah matang, diangkat kemudian ditiriskan dan dicampurkan dengan bumbunya. Setelah dicampur selanjutnya dibungkus dengan daun pisang lalu di kukus hingga matang. Bothok Lebah Madu pun siap dihidangkan.

Rasanya sedikit asam dan pedas yang berasal dari perpaduan bumbu dan parutan kelapa. Sangat enak bila disantap dengan nasi putih yang hangat dan sayur asam. Saat mencicipi botok tersebut, ada sedikit aroma lebah menyengat hidung terutama ketika pelepah daun pisang pembungkus botok dibuka kali pertama.

Untuk satu bungkus bothok tawon madu dijual seharga 3500 Rupiah, harga yang sangat murah bila di banding dengan kandungan khasiatnya. jika konsumsi secara teratur botok tawon madu ini mampu menyembuhkan penyempitan sel tubuh dan perbaikan penyumbatan pada sendi.

Menurut pengelola warung, Imam Safei, berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan sebuah Universitas terkemuka di Solo, kandungan lebah mampu menurunkan kadar gula darah. “Karena itu, bothok tawon laris manis di beli pelanggan, terutama karena khasiatnya”, ujar Imam Safei.

Nah! anda mempunyai kadar gula darah yang tinggi, tidak salah jika anda datang ke warung makan Mbah Mustari dan mencicipi menu bothok tawon madu. Di jamin maknyuss!!

Disari dari : http://www.sragenkab.go.id


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...