KUE APEM LOPES, JAJANAN SEGAR DAN MENYEHATKAN



Berkunjung ke kota Situbondo tak lengkap kiranya tanpa menikmati makanan khas warga Madura bernama kue Apem Lopes bumbu gula merah jahe plus kayu manis. Selain rasanya nikmat, Kue apem lopes di percaya dapat menghilangkan capek setelah seharian bekerja lantaran kandungan gula merah jahe plus kayu manis, berfungsi untuk menghangatkan badan.

Nurhami (45 tahun,) pedagang kue apem dan lopes khas Madura asal desa Olean, Kecamatan kota Situbondo, telah menggeluti usaha ini sejak 15 tahun silam. Nurhami menjual kue apem dan lopesnya tak sama dengan pedagang lain yang langsung menyajikan apem lopes dengan parutan kelapa dan gula merah.

Namun kue apem dan lopes yang dijual Nurhami, di sajikan dengan memberi bumbu gula merah jahe cair plus kayu manis. Apalagi saat disajikan selagi kue masih hangat, rasanya sangat nuikmat. Inilah yang menjadi keistimewaan kue lopes dan apem Nurhami.

Tak hanya itu, Nurhami juga mematok harga cukup murah untuk satu porsi menu kue apem dan lopes hanya Dua Ribu Rupiah. Pas untuk kalangan ekomomi kelas bawah.

Untuk membuat kue lopes, cukup mudah. Seperti beras ketan, gula merah, kelapa yang diparut, di bungkus daun pisang. Biasanya, ditambah dengan sedikit kapur sirih dan garam untuk pelengkap rasa. Beras ketan bersama kapur sirih direndam terlebih dahulu beberapa saat lalu dicuci bersih. Bentuk daun pisang menjadi segitiga, kemudian masukkan pulut, diikat lalu direbus sampai masak. Setelah masak, beras ketan didinginkan dulu kemudian dikupas.

Usaha Nurhami terus langgeng, lantaran banyak dikunjungi pembeli karena khasiat kue apem dan lopes yang dijual ibu dua putra ini untuk kesehatan tubuh.

Menurut pengakuan para pembeli, selain rasanya enak juga dapat menghilangkan rasa lelah karena kandungan gula merah jahe plus kayu manis yang berfungsi membangkitkan kembali stamina.

Kue apem lopes produksi Nurhami berbahan baku beras ketan yang di kukus. Sementara untuk kue apem, selain bahan tepung beras dan fermipan, Nurhami juga memberi tape untuk kue apemnya.

0 comments:

Post a Comment