RAMUAN TRADISIONAL ATASI PENYAKIT CACINGAN PADA ANAK-ANAK



Jenis cacing yang menyerang anak-anak bermacam-macam, diantaranya: cacing biasa, cacing kermi, cacing tambang, cacing parasit, cacing filaria dan lain-lain. Biasanya, penyebab penyakit cacingan adalah karena sering mengkonsumsi makanan kotor, atau makanan yang mengandung cacing seperti daging.

Efek terhadap anak yang menderita cacingan biasanya kurang nafsu makannya, kurus kering, perut buncit dan keras, berat badan menurun serta kualitas hidup juga menurun. Pasalnya, cacing hidup dan makan pada tubuh yang ditumpanginya serta menerima makanan dan menyerap nutrisi tubuh. Penyerapan ini menyebabkan kelemahan dan penyakit pada penderitanya.

Solusi Tradisional
Adapun resep tradionalnya adalah: bengle diiris-iris 3 biji, temu hitam diparut 2 jari, tangkai daun sirih 2 lembar dan ketumbar 5 butir. Semua bahan ditumbuk halus, dituangi air panas, lalu diperas dan disaring, airnya dapat diminum.

Resep lainnya: daun meniran 10 gram, daun lombok 1 lembar, daun kelor 3 lembar. Semua bahan dihaluskan dan dituangi air panas, lalu diperas untuk diminum, sedangkan ampasnya untuk tapal di perut.

Cara lain untuk menyembuhkan penyakit cacing jenis kremi yang biasa membuat dubur menjadi gatal adalah dengan menempelkan parutan bawang merah yang dicampur dengan minyak kelapa ke dubur anak pada waktu sebelum tidur.

0 comments:

Post a Comment