SERUNYA PEMILIHAN LANGSUNG KETUA KELAS ALA SISWA SD



Pelaksanaan Pemilukada di berbagai daerah, tidak hanya menyita perhatian warga yang telah berusia dewasa saja. Anak-anak usia sekolah dasar pun juga tertarik untuk belajar demokrasi. Seperti yang dilakukan puluhan siswa sekolah dasar di Gresik, Jawa Timur yang gelar pesta demokrasi di pada pemilihan ketua kelas (15/07/2010.)

Layaknya seorang politisi handal, satu persatu siswa SD Muhammadiyah Kecamatan Manyar Gresik, melakukan kampanye sambil menjual program-program, di hadapan teman-temannya di sekolah dalam kegiatan Pemilukalas atau pemilihan umum ketua kelas.

Meskipun masih duduk di bangku sekolah dasar, tetapi para siswa tertarik mengangkat berbagai persoalan dalam proses belajar di sekolah pada materi kampanyenya, seperti menawarkan kegiatan saat jam istirahat, belajar kelompok di rumah dan lain sebagainya.

Janji-janji kampanye bak seorang politisi ini, langsung mendapatkan reaksi dan disambut tepuk sorai para siswa, sambil meneriakkan yel-yel dukungan terhadapnya, ,

layaknya pemilihan umum yang sesungguhnya, usai berkampanye, para siswa langsung menggelar pencontrengan calon yang didukungnya di bilik suara yang telah disediakan.

Tak hanya itu, siswa yang berperan menjadi petugas kpps, terlebih dulu mengajarkan kepada temannya, tata cara pemungutan suara yang benar. Bahkan, di antara mereka ada juga yang bertindak sebagai panitia pengawas pemilukalas. Usai memberikan hak suara, masing-masing siswa wajib mencelupkan jarinya dengan tinta.

Sejumlah siswa mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat, karena para siswa dapat berdemokrasi. “Senang sekali bisa belajar praktek berdemokrasi”, ujar Nais Safitri, siswa kelas 5.

Pihak sekolah sengaja mendesain pemilihan langsung ketua kelas di sekolah ini, karena menjadi bagian dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan atau PPKN.

Melalui kegiatan ini, para siswa diharapkan bisa menggelar pemilihan pimpinan secara langsung dengan jujur dan demokratis.

0 comments:

Post a Comment