TEH KAPULOGO, MINUMAN PENYEGAR COCOK UNTUK IBU HAMIL



Warung Josh milik Mamik Triono di Jalan Panglima Sudirman Kota Tulungagung, Jawa Timur, menyuguhkan menu penghangat badan bernama teh kapulogo, yaitu perpaduan antara daun teh dan biji kapulogo yang biasanya digunakan sebagai bumbu memasak. Biji kapulaga yang telah dikeringkan mengandung 2-4% minyak astiri yang wangi dan hangat.

Menu teh kapulogo ini sangat digemari konsumen karena bisa menghangatkan tubuh. Bahkan sejumlah konsumen mengaku teh unik ini bisa meningkatkan stamina karena dorongan rasa panas dari biji kapulogo. Untuk ibu hamil, the ini mampu mengurangi rasa mual saat hamil muda.

Untuk membuat teh kapulogo ini cukup mudah, bahan dari teh dan biji kapulogo disiapkan untuk dicampur. Namun sebelum dicampur teh kapulaga harus di tumbuki agar membelah sehingga rasa pedasnya bisa terasa, kemudian serbuk teh dan kapulogo diseduh menggunakan air panas. Uniknya sebagai pengaduk digunakan batang tumbuhan serai agar rasa mendapat tambahan wangi serai.

Menurut Mamik Triono, teh kapulogo dipilih karena secara pedasnya biji mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga baik digunakan di pagi hari maupun sore hari.

Untuk menikmati teh kapulogo, tidak terlalu mahal. Satu porsi berisi teh secangkir untuk empat orang hanya 15 Ribu Rupiah saja. Jadi jika datang ke tulungagung tidak ada salahnya untuk menikmati kehangatan teh kapulaga.

0 comments:

Post a Comment