BUDIDAYA IKAN BALITA BEROMZET RATUSAN JUTA



Jika panen ikan masih menunggu sampai ikan berukuran besar untuk bisa dipasarkan, Namun berbeda dengan usaha budidaya ikan balita di Jalan Didi Prawira Kusuma Desa Cibeber Cianjur Jawa Barat, usaha budidaya ikan balita tidak perlu harus menunggu waktu lama sampai besar. Ikan seukuran ibu jari sudah bisa di jual ke pasar dan restoran dengan bentuk kemasan.

Dinamankan ikan balita karena ikan-ikannya berukuran mini. Harga bibitnya pun hanya Dua Puluh Lima Ribu Rupiah perkilonya. Satu kolam ukuran kecil bisa menampung 100.000 anak ikan. Pakan ikan sampai usia 15 hari atau sepanjang 1 sentimeter adalah campuran telur bebek dan pelet ikan.

Sang pemilik usaha sengaja membudidayakan anak-anak ikan mas dan nila tersebut untuk bisa langsung dijual ke restoran, pasar tradisional ataupun mini market dengan bentuk kemasan.

Bahkan, usaha ikan balita ini, tidak harus menunggu panen dalam waktu lama, pemilik usaha, Ayi Solihin mengaku bisa panen dua kali sehari untuk langsung dijual.

Sebelum dijual ke pasar, ikan yang sudah berukuran sebesar ibu jari, langsung di ambil dari kerambah, kemudian dibuang isi perutnya, hingga bersih. Setelah itu dimasukan kedalam kemasan denngan rapi agar konsumen bisa langsung memasaknya.

Selain menjual ikan balita basah, Ayi Solihin juga menjual ikan balita goreng, agar bisa langsung dikonsumsi. Ikan balita ini mengandung protein, kalsium dan omega satu. Penggemar ikan balita ini kebanyakan kelas menengah keatas, karena harganya cukup mahal, yakni Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah perkilonya untuk ikan balita basah. Sedangkan untuk ikan balita goreng dijual dua puluh ribu rupiah perkemasan.

Sejak tiga tahun terakhir, konsumsi ikan mas dan nila balita sebagai lauk atau camilan, naik pesat. Ikan mas dan nila balita sendiri sangat digemari lantaran rasanya yang manis dan gurih.

Untuk memasarkan ikan ini, Ayi Solihin tidak kesulitan karena sudah mempunyai pelanggan tetap seperti restoran, katering,pasar-pasar tradisonal serta mini market di wilayah Cianjur.

Selain di Cianjur, penjualan ikan balita sudah merambah ke wilayah ke Jabodetabek dan Bandung. Ayi Solihin mengaku memperoleh omset dalam sebulan sekitar Dua Ratus Juta sampai Tiga Ratus Juta Rupiah.

6 comments:

  1. saya aryo dari sukabumi saya sangat tertarik dengan budi daya ikan balita ini, dan saya mempunyai lahan yg memadai untuk memproduksi ikan balita disini saya ingin menanyakan apakah ada produsen yang menampung hasil panen ikan balita selain langsung dipasarkan ke pasar langsung?
    tolong kalau ada yang tau informasikan ke :ardi.aryo@gmail.com tq

    ReplyDelete
  2. saya erlan dari bandung saya tertarik denganbudidaya ikan balita ini, dan saya mempunyai lahan yg cukup memadai untuk produksi ikan balita. apakah ada produsen yg menampung hasil panen ikan balita ini secara langsung baik dalam bentuk mentahan ataupun yg sdh digoreng siap dimakan?...untuk membeli bibit ikan dmn? apakah ada disekitar wilayah bandung? tolong informasikan ke alamat email saya R6N_sinai@yahoo.co.id terima kasih

    ReplyDelete
  3. Sy Abe Fachruddin Distributor Ikan mas balita goreng crispy "AL_GHIYA" Yang enak gurih renyah... sehat dan mengandung vitamin dan DHA yang cukup tinggi dengan harga yang cukup bersaing.... bila berkenan hub. kami di 0812 866 7027.

    ReplyDelete
  4. sy,kamal sy siap untk memasarkannya,tapi sy tdk punya modal,sy hanya punya kepercayaan,gimana caranya ya,ini nomer hp,sy,081319642178,makasih.

    ReplyDelete
  5. Ikan Balita memang sudah menjadi trend saat ini rasanya kalau digoreng kering enak

    ReplyDelete
  6. sangat informatif dan membawa harapan bagi petani ikan

    ReplyDelete