GAUN KELELAWAR, TREND LEBARAN KAUM MUSLIMAH



Perkembangan trend mode untuk kaum muslimah dalam merayakan lebaran, tidak pernah berhenti. Di Gresik Jawa Timur, gaun kelelawar dengan jilbab lengan, menjadi trend baru kaum muslimah dalam hari raya idul fitri mendatang. Di samping tampil eksklusif, gaun kelelawar juga bisa langsung di pakai untuk sholat.

Adalah Latifah Bajubair, ibu dua anak warga Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 4 kota Gresik, yang berhasil mendesain gaun kelelawar untuk hari lebaran mendatang. Gaun ini di desain dengan bentuk baju yang melebar mirip kelelawar, sehingga tidak memperlihatkan bentuk tubuh pemakainya. Meski demikian, gaun kelelawar tidak meninggalkan kesan elegan.

Membuat jubah kelelawar sebenarnya sangat mudah, yakni dengan memotong kain sesuai ukuran yang langsung di buatkan lubang di bagian atas. Selanjutnya, kain di jahit satu arah mengikuti potongan kain, yang di ikuti dengan merangkai 1 potongan mirim sayap kelelawar di bagian kanan dan kiri.

Karena mudahnya membuat gaun kelelawar, masing-masing 1 orang dari 5 orang karyawan di rumah ibu Latifah ini mampu memproduksi 100 potong gaun kelelawar setiap minggunya.

Namun, jelang lebaran seperti saat ini, permintaan gaun kelelawar terus meningkat hingga 100 persen. Permintaan datang berbagai kalangan di dalam dan luar negeri.

Karena kainnya berasal dari kain import yang halus, gaun kelelawar terasa enak di pakai, meski pada cuaca panas sekalipun.

Ide membuat gaun kelelawar ini muncul karena banyaknya baju yang harus di bawa seorang wanita saat bepergian seperti harus membawa mukena untuk shalat. Dengan gaun kelelawar, seorang wanita tak perlu lagi membawa mukena, karena bisa langsung di gunakan untuk shalat. “Kaum wanita kan merasa selalu ribet dengan barang bawaan saat bepergian. Jadi, gaun kelelawar bisa menjadi solusinya”, ujar Latifah Bajubair.

Bagi kaum muslimah, gaun kelelawar ini merupakan pelindung tubuh sekaligus sebagai hiasan saat beraktifitas di luar rumah. Bahkan, gaun ini bisa menambah rasa percaya diri sebagai seorang muslim. (86)

0 comments:

Post a Comment