KALDU KIKIL KHAS SAPI MADURA YANG NIKMAT



Pulau Madura telah lama dikenal dengan sapi dan karapannya. Selain itu, dipulau Madura juga terdapat beberapa aneka masakan has sapi Madura. Salah satunya adalah makanan khas kaldu super tendangan sapi Madura. Kaldu adalah jenis masakan semacam gulai yang terbuat dari otot kaki sapi( biasa disebut kikil) dengan kuah kaldu kikil yang kental dan keruh karena dicampur dengan kacang hijau (mirip gulai ala Arab).

Kaldu super tendangan sapi Madura terdapat di depot Al-Ghozali Jalan Diponegoro Kota Sampang. Di beri nama kaldu super tendangan sapi Madura, karena bahan utama kaldu ini adalah berasal dari dengkul sapi khas Madura. Ciri khas lainnya juga terletak pada besarnya dengkul sapi yang lumayan besar, sehingga para pelanggan di jamin puas.

Proses pembuatan kaldu super tendangan sapi Madura, memakan waktu yang cukup lama. Setelah dengkul sapi di incang menjadi empat bagian, kemudian di cuci dengan air yang benar-benar bersih. Selanjutnya dengkul sapi yang besar tersebut, di masak di didalam kuali selama enam hingga delapan jam diatas kompor. Lamanya proses pembuatan kaldu kikil ini, di lakukan agar dengkul sapi benar-benar empuk saat di santap.

Setelah mendidih kemudian di beri campuran bumbu dapur seperti bawang putih, bawah merah, merica, pala dan jahe. Setelah itu di tambahkan di beri bawang pre dan bawang daun serta garam.

Di samping menikmati kikil sapi Madura, pelanggan juga bisa meminum air sumsum tulang sapi. Sumsum tulang sapi dipercaya bisa meningkatkan vitalitas dan kejantanan pria. “Banyak yang percaya jika air tulang sumsum bisa memperkuat vitalitas”, ujar ibu Nurhasanah, sang pemilik depot.

Harga kaldu super tendangan sapi Madura ini tergolong cukup terjangkau. Harga untuk satu porsi plus lontong, hanya Dua Puluh Ribu Rupiah. Karena itu warung Ibu Nurhasanah seringkali kewalahan dalam melayani pembeli.

Di sarankan agar tiap kali makan masakan ini, untuk menambahkan perasan air jeruk nipis dan sedikit kecap, selain membuat citarasanya menjadi lebih segar juga sedikit menetralisir kadar kolesterolnya. (86)

0 comments:

Post a Comment