OTAK-OTAK BANDENG, OLEH-OLEH MUDIK DARI GRESIK



Di Kabupaten Gresik Jawa Timur, sajian ikan bandeng paling populer adalah otak-otak bandeng. Yaitu, ikan bandeng yang di keluarkan dagingnya lalu di masukkan kembali setelah di campur bumbu-bumbu khas. Di masa mudik seperti saat ini, otak-otak bandeng laris manis.

Di samping terkenal dengan kota industri, kota Gresik juga dikenal sebagai salah satu kota penghasil ikan bandeng terbesar di Jawa Timur. Tak heran, jika Gresik juga di kenal dengan berbagai jenis masakan dengan bahan dasar ikan bandeng. Seperti bandeng asap, bandeng kukus, sop bandeng dan otak-otak bandeng.

Otak-otak bandeng khas Gresik bukanlah otak-otak seperti yang di kenal di Jakarta atau Palembang. Otak-otak bandeng Gresik, lebih mirip sate bandeng Serang Banten.

Ikan bandeng, merupakan ikan air payau yang memiliki rasa gurih yang tinggi. Rasa khas bandeng ini terasa lebih dominan meski bercampur dengan berbagai rasa bumbu yang menyertainya. Citra rasa inilah yang menjadi ciri khas masakan legendaris Gresik ini.

Jelang hari raya Idhul Fitri, mendatangkan berkah bagi para pengusaha otak-otak bandeng, di sentra perajin, di jalan sindujoyo, kelurahan kroman, kecamatan kota Gresik. Pasalnya, otak-otak bandeng menjadi pilihan warga saat mudik, karena rasanya khas yakni pedas dan manis.

Cara membuat otak-otak bandeng tidaklah sulit. Bandeng mentah dikeluarkan daging, tulang, dan durinya. Lalu dicampur bumbu, mirip dengan bumbu lodeh yang pedas. Kemudian daging dimasukkan ke dalam tubuh bandeng yang kosong tadi dengan dibentuk kembali seperti bandeng mentah semula. Selanjutnya, bandeng isi ini dicepit dua bilah bambu, kemudian dibungkus dalam daun pisang, lalu di bakar.

Pada tahapan ini, membakar bandeng otak-otak, membutuhkan keterampilan tersendiri. Pasalnya, jika terlalu matang atau masih mentah, akan mengurangi bahkan menghilangkan rasa otak-otak bandeng yang sebenarnya.

Salah satu otak-otak bandeng paling terkenal di Gresik adalah otak-otak bandeng Ibu Muzanah, warga Kelurahan Kroman Kecamatan Kota Gresik, yang saat ini telah dilanjutkan oleh puteranya, Rasyid.

Rasyid telah mempekerjakan 10 orang karyawan. Setiap hari, rasyid mampu memrroduksi ikan bandeng otak-otak lebih dari 400 ekor meningkat dari hari-hari sebelumnya yang hanya 200 ekor bandeng setiap harinya.

Satu ekor ikan bandeng otak-otak, dijual seharga 37 Ribu Rupiah. Sementara, harga ikan bandeng mentah saat ini, mencapai 15 Ribu Rupiah perkilonya, dengan isi 2 ekor ikan bandeng.

0 comments:

Post a Comment