MANGGA GEDUNG GINCU OLEH-OLEH ASAL MAJALENGKA



Lebaran ternyata membawa berkah bagi juragan mangga gedung gincu, di Majalengka Jawa Barat. Pasalnya warga dari Majalengka yang akan kembali ke tempatnya bekerja, memborong mangga gedung gincu, sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada kerabat dan tetangganya. Meningkatnya penjualan ini, membawa berkah hingga beromset puluhan juta rupiah, bagi pemilik mangga gedung gincu.

Mangga gedung gincu adalah mangga khas Majalengka dan ternyata cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk dibagikan sebagai oleh-oleh kepada kerabat dan tetangganya di tempat perantauan pasca mudik lebaran.

Dengan harga yang relatif murah yakni sekitar Rp 25 ribu per kilogramnya, mangga gedung gincu yang memiliki khas warna dan rasa yang berbed, dari jenis mangga lainnya, sangat di sukai oleh masyarakat luas.

Seperti yang dilakukan oleh Endang Maulana, warga Majalengka yang bekerja di daerah Serang-Banten. Ia memborong mangga gedung gincu sebanyak 25 kilogram sengaja di bawa dari Majalengka, hanya untuk di bagikan kepada kerabat dan tetangganya. “Teman dan tetangga saya sangat menyukainya, jadi saya borong cukup banyak”, ujarnya.

Menurut para penjual mangga gedung gincu, adanya permintaan dari warga yang akan kembali ke tempatnya bekerja dengan membawa mangga gedung gincu, meningkatkan penghasilan mereka hingga 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa.

Setiap musim lebara, peningkatan permintaan mangga gedung gincu, mencapai 3 kali lipat dari hari-hari biasa. Yakni dari semula 7 ton kini menjadi 21 ton, dengan omzet mencapai Puluhan Juta Rupiah.(86)

0 comments:

Post a Comment