BONEKA BARBIE TAMPIL CANTIK DENGAN BUSANA ADAT NUSANTARA



Boneka Barbie bukan hanya cantik jelita saat mengenakan busana pesta. Boneka asal Amerika tersebut ternyata juga anggun saat mengenakan busana adat Nusantara, seperti yang diproduksi seorang designer busana Barbie asal Gresik, Jawa Timur. Dengan memanfaatkan limbah konveksi industri rumahan, Iswahyuni, berniat memperkenalkan aneka busana berbagai suku di indonesia lewat boneka.

Adalah Iswahyuni (33 tahun,) warga Jalan Veteran Gang 14 Kota Gresik, adalah seorang desainer busana perempuan, yang sejak tahun 2007 lalu, menekuni usaha pembuatan busana Barbie dengan pakaian adat Nusantara.

Dengan usaha baru yang dia tekuni ibu satu anak ini, tidak sekedar ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi lebih pada bentuk edukasi kepada generasi mendatang, agar lebih mencintai dan mengenal akar budaya bangsa yang beraneka ragam.

Apalagi, berbagai macam mode busana modern, banyak muncul ke publik dan di promosikan secara gencar hingga pakaian adat Nusantara kurang di kenal. Padahal, pakaian adat Nusantara tak kalah menariknya dari pada pakaian modern.

Bahan baku untuk membuat busana adalah kain perca, yang di dapat Iswahyuni dari limbah penjahit atau usaha konveksi rumahan lainnya. Diantaranya adalah perca dari kain sprei atau sarung bantal. Namun, khusus untuk pakaian adat Nusantara, Iswahyuni membeli perpotong untuk satu pasang baju, seperti kain songket atau kain adat daerah tertentu.


Dengan hasil keterampilannya ini, Iswahyuyi, mengaku berniat memperkenalkan pakaian adat Nusantara kepada generasi mendatang. Saat ini, masih banyak kelompok anak-anak, yang lebih mengenal adat bangsa lain, tetapi tidak mengenal akar budaya bangsanya sendiri.

Semula Iswahyuni sekedar iseng, memanfaatkan kain perca, menghasilkan penghasilan tambahan, karena pesanan terus berdatangan, bahkan pesanan mulai datang dari luar kota Gresik. “Awalnya berangkat dari coba-coba, tetapi bisa menjadi penghasilan tambahan”, ujarnya.

Jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda, permintaan boneka Barbie berbusana adat Nusantara, melonjak hingga 50 persen. Jika pada hari biasa, pesanan hanya 30 boneka Barbie per hari, sejak sebulan terakhir, pesanan melonjak menjadi 60 sampai 70 boneka perhari.

Barbie berbusana adat Nusantara, produk Iswahyuni, dijual dengan harga bervariatif, mulai dari 25 Ribu Rupiah hingga 50 Ribu Rupiah, per boneka, karena tergantung jenis kain, serta desain bajunya.

Selain membuat aneka busana adat dari berbagai wilayah di Indonesia, Iswahyuni juga membuat busana Barbie dengan pakaian muslimah, sebagai cindera mata, untuk oleh-oleh khas kota santri Gresik.(86)

1 comment:

  1. Keren ini usahanya. Boleh minta no kontak bu iswahyuninya min ??

    ReplyDelete