MANDI SAMBIL BEROBAT DI SUMBER AIR TELAGA TIRTA



Kesegaran sumber air Telaga Tirta di Desa Ujung Hyang, Karangasem, Bali, dipercaya bisa sembuhkan berbagai jenis penyakit, karena itu tempat permandian air kelebutan ini, selalu ramai didatangi pengunjung, yang ingin merasakan segarnya air yang menyembul dari bawah Pura Taman Beji Tirta.

Setiap harinya, tempat permandian dengan telaga besar yang sengaja dibiarkan alami ini, tidak pernah sepi pengunjung. Sebagian besar pengunjung sengaja datang ke sumber air ini untuk mandi dan berharap kesembuhan setelah mandi dikolam yang airnya segar ini.

Air Taman Tirta sudah menyembul sejak beberapa tahun silam tepatnya setelah Gunung Agung meletus, namun sumber air tersebut kemudian semakin membesar hingga akhirnya dibuka sebagai tempat permandian umum. Oleh sejumlah warga sumber air ini kemudian disucikan dan banyak pengunjung yang menghaturkan canang sebelum mandi di Sumber Air ini.

Sementara itu, penjaga pemandian, Jero Mangku Amertha mengaku tidak berani memastikan khasiat mandi di sumber air ini. Meski demikian, selama ini banyak pengunjung yang menghaturkan sesaji sebagai ungkapan syukur atas kesembuhan penyakit yang dideritanya.

Selain airnya yang sejuk, suasana alam persawahan semakin menambah daya tarik pengunjung untuk datang ketempat ini

Untuk mandi disumber air ini, pengunjung hanya cukup merogoh kocek sebesar 2000 Rupiah, namun pantangan besar bagi wanita haid untuk mandi disumber air ini. Selain itu selama mandi disumber air ini pengunjung tidak diijinkan berkata kasar atau buang air.

0 comments:

Post a Comment