MIGRASI BESAR-BESARAN KE LINUX, KENAPA TIDAK?



Sejak 5 Oktober lalu, Pemkab Lamongan melalui Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) melakukan migrasi besar-besaran operating system (OS) yang tidak original dengan Open Source Software (OSS). Migrasi dengan software legal yang gratis ini dilakukan untuk mengantisipasi razia penggunaan software yang tidak original.

Dijelaskan oleh Kepala KPDE Hurip Tjahyono melalui Plt Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa, di tahun 2010 ini, ditargetkan ada dua PC (personal computer) yang diinstal dengan OSS di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Untuk sementara di tahun ini baru dua PC di masing-masing SKPD yang kami migrasikan menuju OSS. Program ini akan dituntaskan di tahun 2011 dengan semua SKPD harus sudah menggunakan PC dengan OS original“, ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, OSS yang digunakan di Pemkab Lamongan adalah yang berbasis OS Linux Ubuntu versi 10.4. Sementara untuk aplikasi kegiatan perkantoran semacam word dan excel menggunakan open offive versi 3.11.

“OSS linux dan open office yang kami instalkan juga sama mudahnya penggunaannya seperti aplikasi yang saat ini umum digunakan. Penggunanya tidak perlu khawatir tidak bisa bekerja dengan OS ini. Hanya masalah kebiasaan saja, nanti jika sudah biasa, pasti akan lancar. Selain itu, software yang diinstalkan ini sepenuhnya legal dan gratis, “ imbuhnya.

Dari sekian banyak keunggulan menggunakan Linux, yang dapat diandalkan dari OS dengan maskot penguin ini adalah sangat aman dari serangan virus. “Selain tampilannya lebih bagus, tersedia update yang mudah didapat dan tentunya gratisan. Serta yang pasti Linux lebih tahan terhadap serangan virus yang sering menyerang data pengguna, “ tutur dia.

Seperti diketahui, amanat dalam surat edaran Kominfo tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan OSS, mengharuskan selambatnya pada 31 Desember 2011 seluruh instansi pemerintah harus sudah menggunakan OSS. Saat ini website resmi Pemkab Lamongan telah menggunakn basis OSS. Serta dilengkapi sejumlah fasilitas dan fitur-fitur layanan termasuk layanan e-mail dengan domain mail.lamongankab.go.id.(arf, Humas Pemkab Lamongan)

0 comments:

Post a Comment