NTU SINGAPURA TAWARKAN BEASISWA GRATIS



Ternyata kunjungan Guru dan siswa SMA Negeri I Kebomas Ke Nanyang Technological University (NTU) Singapura beberapa waktu yang lalu telah menuai hasil. Buktinya pihak perguruan tinggi peringkat ke 18 dunia ini mengirimkan staf dari Office of admission and financial Aids (OAFA) Mr. Muhammad Jaafar utusannya ke SMA Negeri untuk memberikan informasi dan sosialisasi beasiswa gratis ke NTU, Jum’at (1/10).

Didampingi oleh Nurdin Somantri dari Volunter leader of ICT model Network APEC in Indonesia, pihak NTU memberikan penjelasan kepada 170 siswa kelas XII SMA Negeri I Kebomas Gresik, tentang program Beasiswa Gratis dan ikatan dinas NTU. Menurut Jaafar, Beberapa persyaratan yang harus dilalui siswa untuk masuk ke NTU yaitu nilai Raport semester 1 – 5 harus jauh diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Terutama untuk nilai matematika, Fisika, Sains, dan bahasa Inggris. Setelah persyaratan administrasi tersebut, siswa mengikuti test.

Setiap tahun NTU menjaring 400 Mahasiswa dari luar Singapura termasuk dari Indonesia. Selama ini ada sekitar 200 siswa Indonesia yang terjaring. Bisa saja pada tahun ajaran berikutnya semua siswa berasal dari Indonesia bahkan dari SMA Negeri I Gresik, harapnya.

Syarat lain menurut Jaafar, yaitu keharusan bagi Mahasiswa yang telah lulus kelak akan ada ikatan dinas dengan perusahaan Singapura, selama 6 (enam) tahun, tanpa ada pemotongan gaji. Gaji rata-rata lulusan NTU di Perusahaan Singapura bekisar Rp. 28 – 30 juta perbulan. “mereka tidak harus bekerja di Singapura, bias saja mereka bekerja di Perusahaan Indonesia milik Singapura” tambah Jaafar.

Nurdin Somantri sebagai fasilitator yang ikut mendampingi Jaafar mengatakan, ini kesempatan baik untuk siswa SMA Negeri I Kebomas. Selama ini pemahaman masyarakat untuk bisa sekolah di luar negeri hanya untuk orang kaya dan berduit. Sementara orang miskin nggak mungkin bias meskipun pandai dan berotak encer. Memang sangat beralasan, karena untuk menempuh pendidikan di NTU memerlukan biaya Rp 80 juta perbulan. Dengan adanya beasiswa dari NTU ini maka siswa miskin yang pintar bias berkesempatan sekolah disana dengan gratis. Bahkan lulusannya kelak bias bekerja dengan penghasilan yg sangat besar, ujarnya berharap.

Kasek SMA Negeri Kebomas I, Drs. ME Wahyudi juga berharap ada siswa yang yg termotivasi dan ikut mendaftar di NTU. Tampaknya beberapa siswa juga tertarik dan syarat nilainya memenuhi. (sdm)

1 comment:

  1. Permisi,
    Saya siswa SMA Kelas XII IPA dan ingin mencoba daftar beasiswa dari NTU ini. Kalo boleh tau, untuk pengiriman Admission, persyaratannya apa aja ya? Apa saja yg harus saya sisipkan (Rapot/sertifikat yang dilegalisirkah)? Dan untuk alamatnya, harus saya kirim kemana? Kira-kira kapan ya batas (deadline) submit nya? Ada tidak situs resmi yang memberikan informasi2 tentang beasiswa ini? Terimakasih atas perhatian, kesempatan, dan jawabannya.

    ReplyDelete