TERAPI IKAN AIR TAWAR UNTUK RELAKSASI



Hampir setiap hari, kolam ikan di objek Wisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah, didatangi puluhan pengunjung. Terutama pada hari libur. Mereka sengaja datang ke tempat ini, untuk melihat pemandangan alam sekaligus untuk pijat refleksi. Sembari refreshing dan mereka berburu kesehatan.

Para pengunjung kerap menghabiskan waktu luang untuk melakukan pijat refleksi. Namun metode pijat refleksi yang diperkenalkan di kompleks pabrik gula Tasikmadu, tidak seperti biasa. Juru pijatnya bukan manusia, melainkan ikan-ikan air tawar, seperti ikan mujair, ikan emas dan lainnya.

Sambil duduk santai, pengunjung tinggal mencelupkan kedua kaki ke kolam yang berisi ikan air tawar. Waktu efektif untuk terapi tidak dibatasi, tergantung daya tahan masing-masing pasien. Di dalam air inilah para pemijat melakukan tugas, yakni menggigiti telapak kaki sebagai refleksi atau terapi kesehatan.

Berdasarkan penelitian medis, telapak kaki merupakan pusat aliran syaraf yang apabila ditotok bisa memperlancar peredaran darah serta membantu metabolisme tubuh. Ikan-ikan di kolam ini, mampu menotok syaraf kaki pasien lewat gigitan-gigitan kecilnya yang manja. Gigitan-gigitan ikan air tawar ini sekaligus mampu membuka kembali sel-sel kulit kaki yang sudah mati. “Saya sering ke tempat ini karena tubuh terasa leih ringan”, ujar Sri Lestari, salah seorang pelanggan terapi ikan.

Selain di obyek wisata Sondokoro, pijat terapi ikan juga dikembangkan di obyek Wisata Umbul Tlatar Boyolali. Terapi ikan di kedua objek wisata ini, akan lebih memuaskan pengunjung, apabila dilengkapi sarana-prasarana lain, termasuk ada panduan medisnya.

Terapi ikan yang dikembangkan di eko Wisata Taman Air Tlatar Boyolali maupun di Agro Wisata Sondokoro Tasikmadu Karanganyar, diharapkan menjadi magnet bagi pengunjung. Dua tahun lagi, Solo Raya juga bakal menjadi tujuan utama Visit Jawa Tengah 2011. Bersamaan dengan itu kini dipoles pula, berbagai objek wisata lain seperti Museum Sangiran, Kraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, Candi Cetho, Selo Pass, Candi Prambanan, Waduk Gajah Mungkur, Grojogan Sewu dan lain-lain.(86)

0 comments:

Post a Comment