MENGENAL SEJARAH GUNUNG MERAPI MELALUI MUSEUM



Gunung Merapi merupakan gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Kegarangannya mampu menyedot perhatian seluruh dunia. Dalam sejarahnya gunung Merapi telah meletus dahsyat berulang kali. Bagi Anda yang ingin tahu sejarah letusan gunung Merapi dan seluk-beluk kegunung apian, Anda bisa mengunjungi museum gunung Merapi yang ada di Desa Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Kawasan Ketep Pass yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, merupakan tempat yang cocok untuk melihat Merapi dari jarak aman. Kalaupun Merapi sedang berkabut, Anda masih bisa menyaksikan kedahsyatan Merapi di dalam museum gunung Merapi yang ada di tempat ini.

Di dalam museum atau volcano center ini, Anda akan dipandu untuk berkeliling melihat isi museum oleh petugas.

Di bagian tengah museum misalnya dipajang beragam foto sejarah letusan gunung Merapi. Ada foto leleran lava pijar, foto awan panas atau wedus gembel serta foto-foto letusan gunung Merapi dari tahun ke tahun. Ada juga foto kuno saat mendiang Presiden Soekarno dan para pejabat jaman dulu yang mengunjungi Merapi termasuk pula foto-foto para korban letusan. Disini terpajang juga foto - foto dampak letusan Merapi.

Selain foto, ada juga replika gunung Merapi lengkap dengan jalur pendakiannya. Di bagian sisi kanan, juga dipajang bebatuan hasil letusan Merapi. Anda juga bisa melihat foto Merapi tiga dimensi dengan menggunakan lensa khusus.

Bagi para pengunjung, museum ini sangat berguna, terutama bagi anak sekolah yang ingin tahu lebih banyak tentang kegunung apian.

Selain museum, di bagian atas gedung, juga bias di saksikan film tentang gunung Merapi. Dengan demikian, pengunjung dapat memperoleh gambaran tentang sifat gunung api di Indonesia hingga aspek sosial budaya masyarakat, yang tinggal disekitarnya.(86)

0 comments:

Post a Comment