RASA ALAMI KEPITING MONTOK YANG GURIH



Pernahkah anda menikmati masakan kepiting yang lunak dengan rasa gurih dan nikmat sambil beristirahat menikmati indahnya panorama pantai yang indah? Di Brebes, tepatnya ditepi pantai Randusanga, ada sebuah warung makan yang menyajikan menu istimewa yaitu kepiting montok goreng mentega.

Kepiting montok goreng mentega ternyata menjadi menu favorit warung makan milik Pak Jarot, yang berada di randusanga. Meski terletak 10 KM dari pusat kota Brebes, namun tempat ini tak pernah sepi dari para pengunjung., pasalnya selain menawarkan berbagai menu makanan laut, tempatnya yang berada dibibir pantai ternyata juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelangganya.

Suasana asri dengan panorama pantai yang indah, di jamin mampu menambah selera makan Anda menjadi lebih nikmat dan menyenangkan. Apalagi menu favoritnya adalah kepiting montok goreng mentega. Woow!!

Kepiting olahan Pak Jarot, sebenarnya tak jauh beda dengan masakan kepiting pada umumnya. Namun kepiting montok goreng sungguh berbeda baik rasa maupun rupa. Pasalnya kepiting yang digunakan sebagai bahan bakunya adalah kepiting pilihan yang mempunyai ukuran besar dan harus yang sedang bertelor. Saat disajikan, telor kepiting yang melekat pada cangkangnya kan terlihat menggoda.

Proses pembuatanya pun sangat mudah. Pertama kepiting yang masih segar dipotong menjadi beberapa bagian kemudian dicuci bersih. Setelah itu direbus hingga warnanya berubah. Sambil menunggu mendidih, sejumlah bumbu telah disiapkan seperti irisan bawang bombai, cabe dan sejumlah bumbu dapur lainya. Setelah melunak kemudian kepiting ditiriskan sebelum akhirnya digoreng dengan mentega yang dicampur dengan berbagai macam bumbu dapur tersebut.

Jarot menuturkan, sebenarnya tidak ada resep khusus dalam proses pembuatanya. Yang membedakan hanya pada soal bahan bakunya saja yaitu kepiting harus dalam kondisi masih hidup dan bertelor yang sengaja didatangkan dari berbagai pengepul yang ada wilayah sekitar pantura. Karena hal itu sangat berpengaruh pada rasa dan aromanya.

Untuk satu porsi berisi dua ekor kepiting, nasi dan segelas minuman segar, hanya dipatok dengan harga Rp 70.000 saja.

Menurut para pelanggan, menu kepiting montok goreng sangat terasa dilidah, sehingga bisa bikin ketagihan dan tempatnya juga sangat cocok untuk berrekreasi bersama keluarga karena tepat berada dibibir pantai. Tak hanya itu, berbagai menu seafood lainya juga tersedia disini seperti ikan bakar, cumi-cumi, kerang dan lainya.(86)

0 comments:

Post a Comment