EFEK NEGATIF MINUM KOPI BERLEBIHAN



Perlu diingat tidak selamanya kopi baik untuk kesehatan. Minum kopi harus sesuai dengan takaran dan kebutuhan. Terlalu banyak, tentunya membahayakan karena efek minum kopi bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Harus di akui, kafein yang terkandung dalam 1 sampai 2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah2 cair maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita terasa lebih segar, sehingga bisa menambah kecepatan berpikir dan inspirasi, menyembuhkan rasa ngantuk dan kelelahan.

Minum kopi 1 sampi 3 cangkir kopi sehari menurut penelitian tidak memberikan efek negative pada kebanyakan orang yang sehat. Efek negatif akan terasa kafein diserap oleh tubuh secara berlebihan. Antara lain akan menyebabkan: kecemasan kronis, resah/gelisah, suka gampang marah, otot berkedut, dan perut mulas/diare.

Kafein yang di konsumsi dalam jumlah yang besar misalnya 10 cangkir kopi yang diminum berturut-turut akan menjadi racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain: muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah yang sangat besar bahkan dapat menjadi zat yang mematikan. Dosis mematikan bagi manusia adalah sekitar 10 gram atau kira-kira 100 cangkir kopi yang diminum berturut-turut.

Jika mengkonsumsi kopi sudah melampaui batas (3 sampai 5 cangkir per hari), sebaiknya harus segera dibatasi jumlah konsumsinya. Menghentikan kebiasaan minum kopi yang berlebihan dapat dilakukan secara bertahap. Dimulai dari jumlah cangkir perhari sampai pada pengurangan jumlah takarannya perhari.(86)

2 comments:

  1. Owh Gitu yah, Padahal aku saben hari ngopi tp paling cuma 2x si....

    ReplyDelete