NUGGET IKAN LELE YANG GURIH



Nama ikan Lele sudah tidak asing lagi. Namun pernahkah anda menikmati Nuget Lele. Di Rumah Makan Punokawan Jalan Gatot Subroto Kota Binjai, Sumatera Utara, ikan Lele di olah menjadi nuget hingga menjadi menu andalan diantara masakan khas jawa lainnya yang ada di Sumatera.

Nugget merupakan salah satu bentuk breaded yaitu bentuk olahan ikan yang dicelupkan dalam better kemudian dilumuri dengan tepung roti dan digoreng cepat. Apalagi Ikan lele merupakan mempunyai citarasa yang khas dan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Proses pembuatan nuget Lele, terbilang sederhana, namun harus dengan satu syarat, yakni ikan Lele yang harus berukuran besar. Setelah di bersihkan, kulit ikan Lele kemudian di kupas dan diambil dagingnya.

Selanjutnya daging ikan Lele di campur dengan tepung, dan berbagai bumbu lainnya seperti bawang, merica, telur dan garam. Selanjutnya dagung di goreng hingga garing.

Ide pembuatan nuget Lele ini berawal ketika, Adi Maryadi pemilik rumah makan, melihat banyak ikan Lele yang berukuran besar tidak begitu diminati oleh masyarakat. Adi Maryadi mencoba menjadikan nuget Lele sebagai menu istimewa di rumah makan miliknya. Ternyata sambutan masyarakat sangat besar.

Menurut Adi Maryadi, karena rasanya yang gurih, masyarakat yang sebelumnya tidak suka makan ikan Lele, tidak akan mengetahui jika nuget Lele berasal dari ikan Lele.

Diluar dugaan, nuget Lele sangat dimintai masyarakat, bahkan sejumlah wisatawan asing yang datang mencoba menu ini.

Jika anda tengah berada di kota Binjai, tidak ada salahnya mencoba menu yang satu ini. Selain nikmat, harga satu porsi nuget Lele juga cukup terjangkau hanya 15.000 Ribu Rupiah.(86)

0 comments:

Post a Comment