WEDANG BEKATUL YANG NIKMAT DAN MENYEHATKAN


Segar, nikmat dan lezat. Itulah ungkapan yang pantas saat mencicipi minuman bekatul(dedak). Betapa tidak, bekatul atau kulit padi dari sisa pengilingan, yang biasanya digunakan untuk pakan ternak, oleh Ny. Wartono(50) warga Piyungan-Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, disulap menjadi menu minuman yang menyegarkan dan menyehatkan.

Bagi sebagian orang, Mungkin menu ini terkesan miris. Namun jangan salah, minuman ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti diabet serta maag. Selain itu bagi para petani seperti Ny. Wartono, dapat menambah penghasilan, selain menjadi petani padi.

Dari hasil penelitian, nutrisi-nutrisi penting yang banyak terkandung di dalam bekatul, antara lain : Protein, mineral, lemak (Asam lemak esensial), Dietery Fibre (Serat pencernaan makanan), Antioksidan dan Vitamin E (Tocopherois dan Tocotrienois). Banyak orang menggambarkan bekatul sebagai limbah dengan bau tengik, apek, dan asam. Persepsi tersebut tidak sepenuhnya benar karena bekatul memiliki karakteristik cita rasa yang lembut dan agak manis. Bau tidak sedap akan muncul jika bekatul mulai mengalami kerusakan.

Menurut Ny. Wartono, ide awal pembuatan minuman bekatul ini, lantaran banyaknya bekatul saat proses pengilingan padi, di sia-siakan begitu saja. Saat itulah, Ny. Wartono langsung berinisiatif untuk membuat minuman bekatul ini. Ternyata digemari oleh keluarga dan para warga desanya.

Tidak semua bekatul bisa di jadikan sebagai bahan membuat minuman. Biasanya hanya bekatul jenis mentik wangi organic yang bisa di gunakan.

Untuk proses pembuatanya pun sanggatlah sederhana. Pertama bekatul hasil pengilingan gabah, diayak terlebih dahulu. Dalam proses pengayakan ini dilakukan 2 kali agar mendapatkan hasil bekatul yang lembut. Selanjutnya bekatul disangan di atas bara api selama 30 menit hingga mengeluarkan aroma sedap. Bekatul pun siap dihidangkan dengan campuran gula pasir dan air panas.

Beberapa pelanggan mengaku selalu ketagihan akan rasa yang segar dan lezat. Bahkan mereka mengaku selalu menimati minuman bekatul ini setiap pagi, sebelum melakukan aktifitasnya.

Untuk satu kilo bekatul Ny. Wartono menjual dengan harga Rp 20.000. Sedangkan untuk penjualanya meliputi Solo, Jogja hingga Jakarta.

Nah! mungkin anda bosan dengan berbagai jenis minuman instant, mungkin minuman bekatul ini dapat menjadi alternatif anda saat bersantai.(86)

0 comments:

Post a Comment