YEE SANG, RUJAK SEGAR UNTUK IMLEK



Berbagai jenis makanan di siapkan untuk merayakan tahun baru imleks. Diantaranya rujak imlek, atau di sebut juga yee sang. Makanan tersebut merupakan hidangan pembuka yang di sajikan dingin dan segar, yang terdiri dari campuran bahan dasar irisan ikan mentah dan di campur sayur-sayuran.

Rujak imlek atau atau yee sang, merupakan makanan khas yang di ciptakan oleh nenek moyang masyarakat Tionghoa yang ada sekitar 1500 tahun yang lalu.
Untuk membuatnya, pertama kali siapkan sayuran segar, seperti worte, kubis, pangsiet, mentimun, lettuce, lobak Cina, jahe, yang di iris kecil-kecil, kemudian tambahkan ubur-ubur yangtelah di masak dan ikan salmon fillet yang di potong-potong, , kemudian tambahkan pemanis dan kacang-kacangan, seperti biji wijen, kacang almount.

Kemudian siapkan bumbunya. Saus plum, saus cabe, cuka, lemon, air jeruk segar, air nanas, selai jeruk, selai nenas dan minyak wijen. Bumbu-bumbu tersebut di campur jadi satu, dan di panaskan hingga mendidih. Setelah matang, bumbu siap di campurkan.

Setelah selesai, siapkan sayur-sayuran tersebut ke dalam piring besar, dan tuangkan bumbu yang sudah matang tersebut. Setelah itu campur dan di ratakan.

Untuk mengaduknya, dengan cara di angkat tinggi-tinggi, , menurut kepercayaan orang Cina, jika di angkat lebih tinggi, dengan harapan rejeki, kebahagiaan, berkah dan rahmat agar melimpah ruah.

Yee sang, adalah sebuah hidangan yang hanya tersedia pada saat tahun baru Cina, hidangan tersebut merupakan pembuka saat jamuan makan keluarga. Uniknya, mengkonsumsi yee sang tidak sembarangan, tetapi dengan tata cara tersendiri. Makanya menggunakan sumpit dan di angkat tinggi-tinggi, sambil meneriakkan kat-kata “Luo Hwei”. Yang berarti kesejahteraan, umur panjang dan rezeki melimpah ruah.

Jika anda tertarik, anda bisa mencobanya di rumah, sebagai alternatif hidangan makanan imlek dengan keluarga.

0 comments:

Post a Comment