BAJU SANTAI WANITA BERBAHAN LIMBAH KORAN



Tahukah anda jika ternyata limbah-limbah koran dapat di olah menjadi aneka baju santai yang elegan. di Gresik Jawa Timur, siswa Sekolah Menengah Kejuruan Dharma Wanita, berhasil mendesain aneka baju santai berbahan dasar limbah kertas Koran (05/02/2011.)

Berbagai macam pakaian santai yang berhasil di desain mereka ini kesemuanya di peruntukkan untuk kaum hawa, mulai model tunik, dress, rok, t-shirt, jacket, rompi maupun baju ibu dan anak. meski menggunakan bahan limbah kertas koran, namun pakaian santai ini, mampu memperlihatkan keanggunan yang muncul dari lipatan kertas.

Menurut para siswi, untuk membuat 1 buah baju kasual ini di butuhkan waktu 4 hari, mulai proses pemotongan, pemilihan pola kerangka baju hingga memadukannya menjadi sebuah baju yang cantik. Proses pemilihan pola kerangka hiasan baju, merupakan tahapan yang paling sulit, karena di butuhkan keuletan dalam menyelesaikannya.

Untuk mendapatkan baju dengan kualitas bagus, perlu uga di tambahkan aksesories lain seperti kain dan manik-manik agar baju bisa lebih kuat dan lentur saat di pakai.

Inspirasi awal dalam mendesain baju kasual ini berawal saat para siswi melihat limbah koran berserakan di sekitar sekolahnya. Kemudian, mereka mencoba merangkai potongan kertas koran tersebut hingga terbentuk sebuah baju yang cantik. “Awalnya sekedar coba-coba bahkan sekarang sudah tidak ada lagi limbah koran yang berserakan karena sudah kami manfaatkan untuk baju”, ujar Hilmi Septiana (Salah seorang designer.

Meski menggunakan bahan dasar koran bekas, namun, para pemakainya mengaku justru merasa bangga karena mampu mengangkat kembali kertas koran yang oleh sabagian orang di anggapa sesuatu yang tak berguna.

Model baju kasual koran limbah ini pernah meraih nominasi terbaik dalam desain baju berbahan limbah tingkat Propinsi Jawa Timur.

0 comments:

Post a Comment