KERAJINAN SANDAL KARTUN BERAWAL DARI COBA-COBA



Kreativitas berbuah manis. Itulah yang dirasakan Syafiq, seorang perajin sandal spon di Jalan Kemlayan Kota Solo, Jawa Tengah. Berawal dari coba-coba, saat usaha pigura respon-nya dirasakan terus meredup. Berbekal sisa spon yang yang ia punya, Syafiq pun mencoba beralih ke sandal.

Hanya saja, berbeda dengan sandal biasanya, ia mencoba berkreasi dengan menggunakan wajah tokoh-tokoh kartun, yang sudah cukup dikenal masyarakat, seperti Spongebob, Donald Bebek, Winnie The Pooh, Jerry, Mickey Mouse, Piglet dan sebagainya. Setidaknya, saat ini, sudah lebih dari 20 tokoh kartun digunakannya sebagai model sandal-sandal yang dibuat.

Cara pembuatan sandal tokoh kartun ini tergolong mudah. Awalnya, dibuat pola wajah tokoh kartun yang diinginkan di atas spon. Pola ini diambil Syafiq dari sejumlah gambar di majalah, koran atau internet. Setelah itu, spon mulai dipotong-potong sesuai bentuk diinginkan, seperti mata, mulut atau bagian wajah lainnya. Baru kemudian direkatkan atau di-lem, sesuai dengan model wajah tokoh kartun tersebut. Barulah kemudian dipasang jepit sandal yang juga terbuat dari spon.

Setelah dipasang jepit, barulah, sandal tokoh kartun tersebut dipotong menjadi dua bagian, yaitu sandal bagian kanan dan bagian kiri, serta dirapikan bagian pinggirnya. Dengan kemasan menarik, sandal-sandal tokoh kartun ini pun siap dipasarkan. Saat ini, pesanan tak hanya datang dari kota solo dan sekitarnya. Namun, juga dari kota-kota lain di luar jawa.

Dalam sehari, Syafiq yang hanya lulusan SMA dan sudah mempunyai 9 karyawan tersebut, bisa membuat tak kurang dari 100 buah sandal.

Sandal tokoh-tokoh kartun kreasi Syafiq ini memang sangat diminati oleh berbagai kalangan, terutama anak-anak, karena, dianggap sangat lucu. Apalagi, harga yang dipatok pun tergolong sangat murah, yaitu 25 hingga 30 ribu rupiah per pasang. Tak ayal, berawal dari coba-coba, saat ini, ia mampu meraih omset penjualan tak kurang dari 6 Juta Rupiah per bulan.(86)

0 comments:

Post a Comment